Selain itu, PLN juga meraih penghargaan Excellent Service and Digital Transformation 2022 sebagai apresiasi kepada transformasi bisnis yang kesannya berkontribusi besar terhadap negara.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia, Wahyu Daniel dan CEO Detik Network, Abdul Aziz kepada Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo serta disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir dan CEO CT Corp, Chairul Tanjung dalam ajang CNBC Indonesia Awards 2022 di Jakarta, Senin , 12 Desember 2022.
Darmawan Prasodjo menyampaikan terima kasih atas dua penghargaan yang diberikan dalam ajang tersebut. Menurutnya, penghargaan ini ditemukan berkat instruksi dari Menteri BUMN untuk melaksanakan terobosan berbasis digital dalam proses bisnis PLN.
“Sepertinya penghargaan ini salah alamat, harusnya ditujukan kepada Menteri BUMN, Pak Erick. Karena kami mendapat kode dari ia yang luar biasa. Berkat arahan dan leadership dia untuk mengkomandoi BUMN dan mengorkestrasikan langkah strategis, maka PLN bisa menerima apresiasi ini,” kata Darmawan.
Di tengah pandemi, PLN melakukan transformasi. Proses bisnis yang tadinya statis, dan backward looking diubah menjadi dinamis dan forward looking. Proses bisnis yang dahulu manual, sekarang didigitalisasi secara end to end.
Digitalisasi PLN itu dimulai dari pembangkitan, transmisi, serta distribusi. Digitalisasi juga dilakukan pada tata cara perencanaan, tata cara keuangan, metode pembayaran, tata cara pengadaan, sampai ke sistem pelayanan pelanggan.
“PLN hari ini jauh lebih sehat dibanding dengan PLN pada 3 tahun yang lalu. Sistem kelistrikan jauh lebih mahir. Sistem keuangan jauh lebih sehat,” ucap Darmawan.
Adapun Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir juga akseptor penghargaan The Best Minister CNBC Indonesia Award 2022.
Erick menyampaikan, penghargaan ini ialah hasil perjuangan dari para komisaris dan direksi di BUMN. Erick menyebut, tidak akan mungkin semua proses berjalan baik tanpa manusia dan metode yang mumpuni.
“Tidak mungkin transformasi BUMN akan terjadi kalau manusia dan sistemnya tidak baik. Ini merupakan langkah yang bagus untuk kita terus menjaga transformasi BUMN ini,” ujar Erick.
Catat kinerja keuangan terbaik
Ketika banyak perusahaan bertumbangan, PLN justru berhasil meraih kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah. PLN juga sukses melaksanakan pembayaran utang lebih cepat, sehingga menciptakan cost saving yang signifikan dari tahun ke tahun.
Transformasi besar-besaran juga turut dijalankan dalam tubuh PLN yang mengedepankan aspek service excellent. Dulu, layanan pelanggan PLN berbelit, manual, lambat. Aplikasi PLN Mobile model sebelumnya cuma menerima rating 2,5. Jumlah downloadernya hanya 500 ribu, sementara yang uninstall 450 ribu.
“Sekarang, silahkan cek di playstore. PLN Mobile ratingnya 4,8, dengan downloader 35 juta. Kolom komentarnya penuh pujian dan apresiasi. Dan ini sukses kami capai kurang dari satu tahun. Perjuangan ini kami lakukan all-out hanya demi satu tujuan, yaitu layanan terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Darmawan.
Dengan arahan Menteri BUMN, transformasi juga dikerjakan dengan mengganti struktur organisasi perusahaan lewat holding-subholding. Langkah ini menciptakan proses bisnis PLN menjadi jauh lebih efektif dan efisien. Utilisasi aset menjadi jauh lebih maksimal.
Darmawan mengatakan, pihaknya melaksanakan konsolidasi terhadap aneka macam aset PLN yang tadinya berserak. Selain mempersempit proses bisnis pengelolaan pembangkitan, utilisasi aset juga dioptimalkan.
“Pengelolaan energi primer juga kami konsolidasikan. Pengadaan energi primer tidak cuma mengembangkan keandalan, namun juga sekaligus membangun value creation yang besar bagi PLN,” kata Darmawan.