ADVERTORIAL
Gubernur Jambi Warning 5 OPD Guna Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Jambi – Provinsi Jambi mendapatkan penghargaan kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI dengan opini kualitas terbaik atau kategori A. Provinsi Jambi juga masuk 10 besar Nasional.
Penghargaan ini diterima oleh Gubernur Jambi Al Haris yang diserahkan anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng dalam acara penganugerahan opini pengawasan hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik terhadap Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi 2023 di auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa, 6 Februari 2024.
Meski demikian, Gubernur Jambi Al Haris tetap me-warning lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, karena nilai pelayanan publik Provinsi Jambi turun satu digit dibandingkan tahun sebelumnya, 2022 diangka 89,62 sementara tahun 2023 diangkat 88,41.
Lima OPD tersebut yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil, RSUD Raden Mattaher, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.
“Hasil penilaian ada yang turun, ini perlu menjadi perhatian kita. Saya harap yang turun Pemprov usahan perbaikan, khususnya yang lima OPD. Saya harap kedepan ada perubahan yang signifikan, merubah budaya kerja, mari kita catat menjadi langkah perbaikan, dalam melayani publik jangan takut dengan ombudsman saja tapi ini sudah janji kita semua. Disaat sumpah jabatan, mau ada Ombudsman atau tidak sumpah janji kita adalah melayani masyarakat,” kata Al Haris usai menerima penghargaan dari Ombudsman.
Gubernur Jambi Al Haris berharap penilaian yang diberikan Ombudsman berharap menjadi ajang evaluasi bagi semua daerah untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan publik.
Al Haris juga berharap pelayanan publik yang baik tidak hanya semata-mata untuk mengejar nilai dari Ombudsman, tapi harus dibangun dengan sistem yang baik karena penilaian dari Ombudsman adalah komulatif dari kinerja sehari-hari.
“Saya berharap semua nilai yang diberikan Ombudsman menjadi ajang evaluasi bagi semua daerah, evaluasi dari lima pelayanan dasar ini terus dibenahi dan diperbaiki,” kata Al Haris .
“Outputnya adalah bagaimana masyarakat terlayani dengan baik dan tidak hanya mengejar nilai, jika kita sungguh-sungguh melayani dengan baik, sistemnya baik itu otomatis nilainya juga baik, jadi nilai ini akumulasi dari kinerja kita sehari-hari, itulah muncul nilai dari Ombudsman, tapi kalau pelayanan tidak baik ya tidak bisa karena itu akan kelihatan dari pelayanan hari-hari kita,” tutur Al Haris lagi.
ADVERTORIAL
BKM Agung H Achmad Bakrie Kisaran Salurkan Bantuan kepada Kaum Dhuafa dan Anak Yatim

DETAIL.ID, Asahan – Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Agung H. Achmad Bakrie Kisaran menyalurkan bantuan kepada 50 orang anak yatim dan 87 orang kaum dhuafa yang berada disekitaran Kota Kisaran pada Jumat, 14 Maret 2025.
Bantuan ini disalurkan oleh Wakil Bupati Asahan Rianto, S.H., M.AP didampingi oleh Ketua BKM Agung H. Achmad Bakrie Kisaran beserta jajaran dan beberapa OPD.
Bantuan yang disalurkan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban kaum dhuafa dan orang tua dari anak yatim dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Suci Ramadhan 1446 H/2025 M. Ini disampaikan Wakil Bupati Asahan saat memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut.
Lebih lanjut Wakil Bupati Asahan berpesan kepada penerima bantuan untuk memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.
“Jangan dipandang besar atau kecilnya bantuan yang diberikan, tetapi jadikan bantuan ini dapat bermanfaat bagi diri kita dan keluarga selama bulan Suci Ramadhan,” ujar Wakil Bupati.
“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Asahan, saya mengucapkan terima kasih kepada BKM Agung H. Achmad Bakrie Kisaran yang telah melaksanakan kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut ditahun-tahun berikutnya. Kepada para donatur dan masyarakat yang telah memberikan sedikit rezekinya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya, semoga apa yang telah diberikan dibalas oleh Allah SWT dengan berlipat ganda. Saya berharap kepada pengurus BKM Agung H. Achmad Bakrie Kisaran dapat terus melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tutur Wakil Bupati Asahan.
Reporter: Fitriyani Harahap
ADVERTORIAL
Wabup Asahan Tinjau Pelaksanaan Peningkatan Infrastruktur Jalan

DETAIL.ID, Asahan – Wakil Bupati Kabupaten Asahan, Rianto, S.H., M.AP meninjau pelaksanaan peningkatan infrastruktur Jalan Desa Urung Pane menuju Desa Silo Maraja, Kecamatan Setia Janji pada Jumat, 14 Maret 2025.
Pada kegiatan ini, Wakil Bupati juga didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Asahan, Kepala Bepperida Kabupaten Asahan Dan Pengawas Pengerjaan.
Wakil Bupati Kabupaten Asahan Rianto, S.H., M.A.P mengatakan peninjauan tersebut untuk memastikan kualitas mutu spesifikasi material konstruksinya agar sesuai dengan yang sudah ditentukan. Selanjutnya Wakil Bupati Rianto mengatakan dengan dilakukannya peningkatan akses jalan tersebut dapat memudahkan akses mobilitas masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat atau desa sekitar yang melewati akses jalan.
“Untuk itu pastikan kualitas infrastruktur dalam proses pengaspalan tersebut agar peningkatan jalan dapat dirasakan oleh masyarakat serta membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan sektor pertanian,” ujarnya.
Di tempat yang sama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Asahan, Agus Jaka Putra Ginting, S.H mengatakan Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melaksanakan pengerjaan peningkatan Jalan Desa Urung Pane menuju Desa Silo Maraja, Kecamatan Setia Janji berkisar sepanjang 372 meter dengan lebar 4 meter.
Kemudian disampaikan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tetap berupaya dalam mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Asahan yakni Masyarakat Sejahtera Religius Maju dan Berkelanjutan di bidang pembangunan, infrastruktur jalan sesuai dengan kemampuan keuangan Daerah.
Reporter: Fitriyani Harahap
ADVERTORIAL
Sidak ke Sejumlah Sekolah dan OPD, Wabup Asahan Rianto Minta Tingkatkan Disiplin dalam Bekerja

DETAIL.ID, Asahan – Wakil Bupati Asahan Rianto, S.H., M.AP melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah Sekolah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam Sidak ini, Wakil Bupati Asahan mendatangi UPTD SMP Negeri 2 Kisaran, Dinas Sosial, Kesehatan dan Dinas Kominfo Kabupaten Asahan pada Jumat, 14 Maret 2025.
Pada kesempatan tersebut juga, Wakil Bupati Asahan menjelaskan tujuannya melakukan sidak ini adalah sebagai bentuk komitmennya untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik dan disiplin ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.
“Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pondasi utama keberhasilan dalam membantu kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati Asahan mensukseskan visi dan misi ‘Kabupaten Asahan Sejahtera, Religius, Maju dan Berkelanjutan’,” ujarnya.
Kepada Kepala Dinas, Wakil Bupati berpesan, agar memberikan teguran kepada ASN dan honorer yang tidak disiplin dalam bekerja.
“Berikan teguran kepada ASN dan honorer yang tidak disiplin dalam bekerja. Kepada yang disiplin saya mengucapkan terima kasih dan berharap kedisiplinan tersebut dapat terus dipertahankan,” kata Wakil Bupati Asahan.
Selain itu, Wakil Bupati Asahan juga mengingatkan agar para pegawai menjaga kebersihan dan suasana kerja yang nyaman selama Ramadhan. Ia berharap bulan suci ini menjadi momentum bagi para ASN dan Honorer untuk meningkatkan etos kerja, kejujuran, dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas.
“Mari jadikan Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah, bukan alasan untuk bermalas-malasan. Tetap puasa Ramadhan makin meningkatkan semangat dalam bekerja dan berikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tutur Rianto.
Reporter: Fitriyani Harahap