Connect with us

ADVERTORIAL

Gubernur Jambi Tegaskan Pentingnya Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

DETAIL.ID

Published

on

Jambi – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH menegaskan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik di Provinsi Jambi. Pernyataan ini disampaikannya saat menghadiri Penganugerahan Predikat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Provinsi Jambi Tahun 2024, bertempat di Hotel Aston, Kota Jambi, Selasa, 3 Desember 2024.

Hadir pada kesempatan tersebut Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Jambi Saiful Roswandi, beserta Jajaran, para Kepala Daerah kabupaten/kota dalam Wilayah Provinsi Jambi serta para Penerima Penghargaan.

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur Al Haris menyampaikan bahwa terkadang pemerintah lupa untuk mengevaluasi kinerja.

“Kalau ada masalah dibawah dan ada laporan yang muncul dan temuan baru kita melakukan evaluasi dan perbaikan. Kita sering lupa bahwa kita adalah orang yang terpilih melayani publik, hari ini kita tidak bisa lagi bersembunyi dibalik kebohongan karena media sosial ini sifatnya lintas batas, dan terlihat semua dengan jelas oleh masyarakat,” kata Haris.

“Kita tidak bisa sembunyikan lagi, apa yang kita kerjakan semua tergambar dan tampak oleh masyarakat, apakah respon kita cepat atau lambat dan terukur kinerjanya serta kualitas apakah masyarakat puas dalam melayani masyarakat,” tuturnya.

Dijelaskan Gubernur Al Haris, Program Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik ini menjadi barometer bagi Pemerintah Provinsi Jambi dan tentu saja seluruh instansi pemerintah maupun lembaga publik dalam wilayah Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Kemudian meningkatkan komitmen selaku penyelenggara pelayanan bagi kesejahteraan masyarakat agar teguh dalam mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Hasil dari penilaian ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus melakukan perbaikan yang berkelanjutan demi peningkatan kualitas dan mutu pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat, standar pelayanan publik itu harus terus di tingkatkan. Sehingga penyelenggaraan pelayanan publik sebagai amanat negara dapat benar-benar memenuhi kebutuhan dasar untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Gubernur Al Haris berharap bahwa sebagai penyelenggara negara, instansi pemerintah dalam wilayah Provinsi Jambi dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publiknya, melakukan kerja sesuai dan memenuhi standar pelayanan, mendorong komitmen untuk meningkatkan kompetensi penyelenggara pelayanan publik demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, dalam wawancaranya dengan awak media Gubernur Al Haris menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas keaktifan Ombudsman Republik Indonesia dalam Penyerahan Hasil Program Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 dan melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan layanan publik, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita mengapresiasi kerja dari Ombudsman yang telah konsisten menilai setiap kinerja dan langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintahan daerah, Kepolisian dan Pertanahan. Kenapa penilaian ini dilakukan, karena saat ini kita dihadapkan pada masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang cepat tetapi bukan hanya cepat tapi juga berkualitas. Oleh karena itu kita berharap para pejabat daerah ketika menghadapi penilaian Ombudsman yang bukan hanya memberikan apresiasi kepada siapa yang hebat, tetapi juga koreksi bagi yang lemah juga,” ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur menyadari bahwa ada beberapa daerah yang masih belum begitu sempurna dan perlu di evaluasi lagi.

“Agar kita ke depan bisa memberikan pelayanan terbaik bagi publik, kepada Masyarakat, karena itu adalah hak rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Jambi Saiful Roswandi mengatakan bahwa Penilaian atau Opini Pengawasan ini merupakan barometer kondisi pelayanan publik di Jambi yang tiap tahun diadakan.

Namun praktiknya masih ada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang nilainya belum baik.

“Kami berharap hasil Penilaian dapat meningkat, apalagi sudah disosialisasikan seperti saat ini. Kami meminta komitmen Pimpinan setiap OPD dan terutama kepala daerah agar benar-benar serius memperhatikan fasilitas dan sumber daya manusia diaspek pelayanan. Selain itu juga memprioritaskan anggaran dibidang pelayanan. Jangan sampai ada fasilitas layanan yang tidak tersedia atau SDM yang tidak kompeten,” kata Saiful Roswandi.

Saiful juga menambahkan, Fasilitas layanan, SDM yang kompeten dan anggaran yang cukup merupakan hal penting pada layanan publik.

“Kami berharap pimpinan unit dan kepala daerah perhatikan kebutuhan tersebut, fasilitas yang harus diperhatikan adalah ruang tunggu dan juga toilet yang harus diperhatikan kenyamanaan dan kebersihannya,” katanya.

ADVERTORIAL

BKM Agung H Achmad Bakrie Kisaran Salurkan Bantuan kepada Kaum Dhuafa dan Anak Yatim

DETAIL.ID

Published

on

DETAIL.ID, Asahan – Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Agung H. Achmad Bakrie Kisaran menyalurkan bantuan kepada 50 orang anak yatim dan 87 orang kaum dhuafa yang berada disekitaran Kota Kisaran pada Jumat, 14 Maret 2025.

Bantuan ini disalurkan oleh Wakil Bupati Asahan Rianto, S.H., M.AP didampingi oleh Ketua BKM Agung H. Achmad Bakrie Kisaran beserta jajaran dan beberapa OPD.

Bantuan yang disalurkan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban kaum dhuafa dan orang tua dari anak yatim dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Suci Ramadhan 1446 H/2025 M. Ini disampaikan Wakil Bupati Asahan saat memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Wakil Bupati Asahan berpesan kepada penerima bantuan untuk memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

“Jangan dipandang besar atau kecilnya bantuan yang diberikan, tetapi jadikan bantuan ini dapat bermanfaat bagi diri kita dan keluarga selama bulan Suci Ramadhan,” ujar Wakil Bupati.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Asahan, saya mengucapkan terima kasih kepada BKM Agung H. Achmad Bakrie Kisaran yang telah melaksanakan kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut ditahun-tahun berikutnya. Kepada para donatur dan masyarakat yang telah memberikan sedikit rezekinya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya, semoga apa yang telah diberikan dibalas oleh Allah SWT dengan berlipat ganda. Saya berharap kepada pengurus BKM Agung H. Achmad Bakrie Kisaran dapat terus melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tutur Wakil Bupati Asahan.

Reporter: Fitriyani Harahap

Continue Reading

ADVERTORIAL

Wabup Asahan Tinjau Pelaksanaan Peningkatan Infrastruktur Jalan

DETAIL.ID

Published

on

DETAIL.ID, Asahan – Wakil Bupati Kabupaten Asahan, Rianto, S.H., M.AP meninjau pelaksanaan peningkatan infrastruktur Jalan Desa Urung Pane menuju Desa Silo Maraja, Kecamatan Setia Janji pada Jumat, 14 Maret 2025.

Pada kegiatan ini, Wakil Bupati juga didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Asahan, Kepala Bepperida Kabupaten Asahan Dan Pengawas Pengerjaan.

Wakil Bupati Kabupaten Asahan Rianto, S.H., M.A.P mengatakan peninjauan tersebut untuk memastikan kualitas mutu spesifikasi material konstruksinya agar sesuai dengan yang sudah ditentukan. Selanjutnya Wakil Bupati Rianto mengatakan dengan dilakukannya peningkatan akses jalan tersebut dapat memudahkan akses mobilitas masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat atau desa sekitar yang melewati akses jalan.

“Untuk itu pastikan kualitas infrastruktur dalam proses pengaspalan tersebut agar peningkatan jalan dapat dirasakan oleh masyarakat serta membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan sektor pertanian,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Asahan, Agus Jaka Putra Ginting, S.H mengatakan Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melaksanakan pengerjaan peningkatan Jalan Desa Urung Pane menuju Desa Silo Maraja, Kecamatan Setia Janji berkisar sepanjang 372 meter dengan lebar 4 meter.

Kemudian disampaikan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tetap berupaya dalam mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Asahan yakni Masyarakat Sejahtera Religius Maju dan Berkelanjutan di bidang pembangunan, infrastruktur jalan sesuai dengan kemampuan keuangan Daerah.

Reporter: Fitriyani Harahap

Continue Reading

ADVERTORIAL

Sidak ke Sejumlah Sekolah dan OPD, Wabup Asahan Rianto Minta Tingkatkan Disiplin dalam Bekerja

DETAIL.ID

Published

on

DETAIL.ID, Asahan – Wakil Bupati Asahan Rianto, S.H., M.AP melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah Sekolah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam Sidak ini, Wakil Bupati Asahan mendatangi UPTD SMP Negeri 2 Kisaran, Dinas Sosial, Kesehatan dan Dinas Kominfo Kabupaten Asahan pada Jumat, 14 Maret 2025.

Pada kesempatan tersebut juga, Wakil Bupati Asahan menjelaskan tujuannya melakukan sidak ini adalah sebagai bentuk komitmennya untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik dan disiplin ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

“Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pondasi utama keberhasilan dalam membantu kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati Asahan mensukseskan visi dan misi ‘Kabupaten Asahan Sejahtera, Religius, Maju dan Berkelanjutan’,” ujarnya.

Kepada Kepala Dinas, Wakil Bupati berpesan, agar memberikan teguran kepada ASN dan honorer yang tidak disiplin dalam bekerja.

“Berikan teguran kepada ASN dan honorer yang tidak disiplin dalam bekerja. Kepada yang disiplin saya mengucapkan terima kasih dan berharap kedisiplinan tersebut dapat terus dipertahankan,” kata Wakil Bupati Asahan.

Selain itu, Wakil Bupati Asahan juga mengingatkan agar para pegawai menjaga kebersihan dan suasana kerja yang nyaman selama Ramadhan. Ia berharap bulan suci ini menjadi momentum bagi para ASN dan Honorer untuk meningkatkan etos kerja, kejujuran, dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas.

“Mari jadikan Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah, bukan alasan untuk bermalas-malasan. Tetap puasa Ramadhan makin meningkatkan semangat dalam bekerja dan berikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tutur Rianto.

Reporter: Fitriyani Harahap

Continue Reading
Advertisement ads ads
Advertisement ads