DETAIL.ID, Jakarta – Situasi pandemi Covid-19 ternyata cukup untuk mengubah jalan hidup Muhammad Risqi selaku pendiri “Tsukiji Mart”yang berlokasi di Jalan Jagakarsa 18 A-B, Jakarta Selatan.
Tsukikji Mart adalah tempat berbelanja ikan segar dengan mengusung konsep modern yang mirip di tsukiji fish market yang ada di Jepang.
Melansir dari liputan6.com 5 November 2020, pria yang akrab dipanggil Baba ini harus banting setir dari bisnis Showbiz yang selalu aktif mengadakan Event Musik besar di Jakarta menjadi penjual ikan dan sayuran.
Risqi lebih memilih bisnis menjual bahan pokok lantaran banyak pegawainya yang sudah diistirahatkan karena pandemi Covid-19. Kini Pria yang memiliki 2 anak disibukkan dengan berjualan ikan, sayur dan buah-buahan.
Setiap minggunya, dia kebut mengejar target pesanan pelanggan yang sudah menumpuk. Dalam seminggu stok barang selalu banyak yang habis untuk kebutuhan pelanggannya.
Omzet yang dia dapat pun tak main-main. Setiap bulannya, Risqi mengungkapkan bisa meraup hingga ratusan juta rupiah.
Namun, usaha ini tak didapatkan Risqi secara instan. Perjuangan Risqi dimulai sejak Februari 2020, di saat pemerintah mengumumkan bahwa virus corona telah mewabah di Indonesia.
Pada awal masa pandemi, Risqi sempat merasa harus melakukan suatu perubahan besar disaat Event Musik tidak boleh diadakan lantaran adanya PSBB bahkan saat ini hingga PSBB jilid ke-2.
Kini Risqi sedang menikmati kesibukannya. Yang tadinya tidak mengenal macam-macam ikan dan sayuran, sekarang justru banyak tahu isi dapur.
Bulan ini tepatnya tanggal 21 November merupakan Hari Ikan Nasional. Tsukiji Mart yang digawangi oleh Risqi mengadakan promo diskon 21 persen untuk semua produk ikan.
Diharapkan angka jumlah konsumsi ikan terhadap masyarakat Indonesia meningkat dan melahirkan generasi baru yang dapat bersaing dengan negara lain.
Discussion about this post