“Dengan pencapaian pemasaran ini kami ingin berterima kasih kepada pelanggan setia Suzuki yang mempercayakan kendaraan beroda empat Suzuki untuk menyanggupi kebutuhannya,” kata Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales SIS dalam informasi tertulis dikutip Rabu , 25 Januari 2023.
Menurut Randy simpulan tahun kemarin menjadi saat-saat penting bagi Carry, karena pikap ini dapat mempertahankan tampilan pemasaran. Bila dibanding November, catatan penjualan Carry di Desember 2022 mengalami kenaikan 17 persen.
Kemudian, jikalau dibanding tahun sebelumnya dengan kala yang sama adalah Januari hingga Desember, Carry mengalami kenaikan 2 persen dengan total penjualan 52.322 unit.
Mengimbangi penjualan Carry, XL7 juga mencatatkan performa pemasaran positif untuk kendaraan penumpang.
XL7 terjual 15.998 unit atau mengalami kenaikan sebesar 9 persen selama 2022 dibandingkan dengan 2021. Sedangkan Desember 2022, pemasaran XL7 meningkat 25 persen dari November.
Lalu kontributor utama ketiga Suzuki lainnya yakni Ertiga. Varian Ertiga Hybrid saat ini juga menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan mengemas angka distribusi ke dealer sebanyak 5.244 unit.
Suzuki juga memberitahukan pemasaran untuk klasifikasi mobil CBU (Completely Built Up) dengan perolehan 5.785 unit pada 2022 dengan kenaikan empat persen.
“Bertambahnya kebutuhan dan acara atau munculnya usaha gres yang dikerjakan oleh penduduk Indonesia, membuat penjualan Suzuki meningkat di tahun ini. Ditambah dengan peluncuran versi-model mobil Suzuki baru yang mempesona selama tahun 2022,” kata beliau.
(ryh/fea)