Jambi – Animo masyarakat dalam menggunakan akses layanan Ombudsman pada tahun 2023 ini tampaknya cukup tinggi. Hal itu berdasarkan data peningkatan laporan yang diungkapkan oleh Saiful Roswan, Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Jambi.
Saiful menjelaskan, tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 170 laporan. Target itu meningkat 15 persen jika dibandingkan dengan tahun 2022. Artinya, Ombudsman Jambi bakal menerima dan memproses sebanyak 13 sampai 14 laporan tiap bulannya.
“Sejak 2022, animo warga menggunakan layanan Ombudsman cukup tinggi. Karena sebelumnya tidak pernah mencapai target,” kata Saiful Roswandi, Senin, 13 Februari 2023.
Saiful mengimbau masyarakat melapor ke Ombudsman apabila mendapat segala jenis masalah dalam pelayanan publik.
Ia menjelaskan prosedur pelaporan ke Ombudsman. Pertama, masyarakat menggunakan layanan untuk membuat laporan. Selain itu, Ombudsman bisa juga menjadi tempat konsultasi.
“Kami ada inisiatif, baik kajian, melakukan penilaian bahkan tindakan cepat Ombudsman kalau ada kasus yang kami anggap urgent yang membutuhkan reaksi cepat,” ujarnya.
Dalam akses layanan Ombudsman, masyarakat diberi kemudahan. Saat ini, pengaduan ke Ombudsman bisa dilakukan melalui WhatsApp Pengaduan Ombudsman.
Bahkan, Saiful mengatakan sebagian besar aduan masyarakat ke Ombudsman pada tahun 2022 diterima melalui online.
“Saya beri kemudahan. Saya edarkan baik nomor handphone Ombudsman maupun nomor handphone saya. Masyarakat enggak usah jauh- jauh datang ke kantor, ngehabisin ongkos. Kita kasih pelayanan yang mudah dan murah tinggal WhatsApp saja cukup,” ucap Saiful.
Reporter: Frangki Pasaribu
Discussion about this post