Connect with us
Advertisement

OPINI

Membangun Empati dan Kepedulian di Era Digital

DETAIL.ID

Published

on

MENUMBUHKAN sikap empati dan kepedulian terhadap sesama di era teknologi informasi memerlukan pendekatan yang berbeda dari yang diharapkan di masa lalu. Kehidupan di era digital telah membawa perubahan besar dalam cara kita berinteraksi dan berkomunikasi.

Kemajuan teknologi, terutama perangkat gadget yang semakin canggih, telah mengubah lanskap sosial dan mempengaruhi perkembangan emosional manusia. Salah satu dampak yang menjadi perhatian adalah berkurangnya rasa empati pada generasi muda yang semakin terkungkung dalam dunia gadget. Empati adalah kemampuan manusia untuk memahami dan merasakan perasaan dan pengalaman orang lain.

Hal ini sangat penting dalam membentuk hubungan yang sehat seperti, membangun koneksi emosional, mendorong kepedulian sosial, meningkatkan rasa solidaritas, dan lainnya.

Namun, dengan meningkatnya ketergantungan pada gadget seperti smartphone, tablet, dan komputer, generasi muda justru sering kali terjebak dalam dunia virtual yang mengarah pada hilangnya kontak langsung dengan orang lain yang berada di sekitarnya. Hal ini memunculkan masalah baru mengingat generasi muda merupakan generasi penerus bangsa yang perlu memiliki rasa empati dan kepedulian terhadap sesamanya.

Interaksi sosial yang dilakukan melalui gadget sering kali terbatas pada pesan teks, obrolan singkat, atau komunikasi online yang minim ekspresi emosional. Generasi muda mungkin kehilangan kemampuan untuk membaca bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan intonasi suara yang penting dalam memahami perasaan orang lain. Hal ini dapat memicu berkurangnya kemampuan mereka untuk merespons dengan rasa empati.

Terjebak dalam dunia maya yang terkadang penuh dengan perbandingan sosial, penghakiman, dan kekerasan, generasi muda dapat menjadi kurang peka terhadap perasaan orang lain di sekitarnya. Mereka mungkin lebih fokus pada eksistensi online mereka sendiri daripada mengembangkan empati terhadap orang lain di dunia nyata.

Ketergantungan pada gadget dapat menyebabkan isolasi sosial yang lebih besar. Generasi muda yang sudah terisolasi mungkin lebih memilih berinteraksi dengan perangkat mereka daripada terlibat langsung dalam kegiatan sosial maupun berinteraksi dengan orang yang berada di dekatnya.

Konten digital seperti game, video, dan media hiburan online sering kali tidak memperkuat nilai-nilai empati. Kekerasan, perilaku tidak empatik, dan pesan yang merendahkan dapat mempengaruhi pemahaman dan sikap generasi muda terhadap orang lain.

Terlalu sering melihat konten semacam ini dapat mengurangi rasa empati dan rasa kepedulian mereka terhadap perasaan dan kebutuhan orang di sekitarnya. Untuk memperkuat rasa empati pada generasi muda yang terkungkung dalam gadget, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pendidikan tentang empati di sekolah dan di rumah harus memberikan perhatian khusus pada nilai-nilai empati.

Generasi muda perlu diajarkan tentang pentingnya memahami perasaan orang lain, menghargai perbedaan, dan berempati terhadap pengalaman orang lain. Mendorong generasi muda untuk terlibat dalam kegiatan di dunia nyata, seperti kegiatan sosial, sukarela, atau kegiatan kelompok, akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mempraktikkan empati secara langsung.

Memfasilitasi diskusi dan refleksi juga dapat membantu meningkatkan kesadaran empati. Dengan refleksi yang terbuka, mereka dapat memahami perspektif orang lain dan membangun empati yang lebih mendalam. Orang dewasa di sekitar generasi muda harus menjadi contoh yang baik dalam mempraktikkan empati. Dengan menunjukkan sikap empatik dalam interaksi sehari-hari, mereka dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk melakukannya juga.

Sebagai alternatif, teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan empati jika digunakan dengan bijak. Misalnya, memanfaatkan platform sosial untuk membagikan cerita tentang pengalaman hidup yang menjadi pacuan motivasi, mempromosikan kebaikan, dan membangun kesadaran akan isu-isu sosial.

Sementara itu, dalam era digital yang semakin maju, pemerintah memainkan peran penting dalam memfasilitasi penggunaan teknologi yang bijak untuk meningkatkan empati dan kepedulian. Dengan mendukung penguasaan teknologi digital sebagai keterampilan utama, pemerintah tidak hanya membantu generasi muda dalam menghadapi tantangan era baru, tetapi juga mempromosikan penggunaan teknologi sebagai alat untuk membangun hubungan yang lebih baik dan peduli terhadap sesama.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menekankan bahwa generasi muda harus memiliki penguasaan teknologi digital karena era saat ini adalah era baru yang belum pernah dialami sebelumnya, di mana teknologi digital hampir menghapus semua jenis keterampilan yang selama ini dipersyaratkan untuk menjadi manusia beradab (https://www.kominfo.go.id/content/detail/52066/pemerintah-dorong-milenial-dan-gen-z-kuasai-teknologi-digital/0/berita).

Pemerintah juga menyadari tantangan moral dan etika yang muncul dari era digital, yang menuntut generasi muda untuk memiliki batasan moral dan etika dalam menggunakan teknologi digital. Menko Muhadjir menyampaikan bahwa “Revolusi Mental” merupakan gerakan bersama untuk merubah cara pikir, cara kerja, dan cara hidup, dengan sikap positif terhadap suatu permasalahan perlu terus dikembangkan, sehingga perlu pergeseran tingkatan sikap dari antipati, apati, simpati, menjadi empati.

Selain itu, pemerintah juga berusaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung pembangunan dan transformasi masyarakat.

Misalnya, penerapan smart city di Institut Kebangsaan (IKN) menjadi kesempatan untuk mengakselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan publik.

Program-program seperti Digital Talent Scholarship, 1000 Startup Digital, dan Startup Studio ID juga dijalankan oleh pemerintah untuk mendukung inovasi dan pengembangan startup digital, yang dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan solusi inovatif yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memperkuat sikap empati dan kepedulian.

Dengan demikian, peran pemerintah dalam menumbuhkan sikap empati dan kepedulian terhadap sesama di era teknologi informasi melibatkan pendidikan, pembatasan moral dan etika, pemanfaatan teknologi digital untuk pembangunan, dan mendukung inovasi dan startup digital. Ini menunjukkan bahwa pemerintah berperan aktif dalam memfasilitasi lingkungan yang mendukung generasi muda untuk mengembangkan keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk menjadi bagian dari masyarakat yang peduli dan empatik.

*Penulis Tenaga Ahli Gubernur Bidang Tata Kelola Pemerintahan

Advertisement Advertisement

OPINI

Sibuk Merayakan Maulid, Lupa Meneladani Amanah Rasulullah

Oleh: Naz*

DETAIL.ID

Published

on

SETIAP tahun, suasana Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam selalu dirayakan dengan gegap gempita di berbagai daerah. Namun, ada ironi besar di balik semua itu. Semangat merayakan hari lahir Rasulullah sering kali hanya berhenti pada simbol, tidak menembus ke substansi.

Rasulullah SAW bukanlah figur yang gemar pada kemewahan perayaan. Beliau diutus membawa risalah kebenaran, menegakkan amanah, kejujuran, dan keadilan. Yang beliau wariskan bukanlah seremonial kosong, melainkan teladan akhlak mulia yang seharusnya menjadi pedoman para pemimpin umat, termasuk pemimpin daerah kita.

Padahal, inti dari peringatan Maulid bukanlah sekadar mendengar ceramah atau memajang baliho besar gambar Kepala Daerah di masjid. Inti Maulid adalah meneguhkan kembali teladan Rasulullah:

1. Amanah dalam kepemimpinan;
Rasulullah menunjukkan bahwa jabatan adalah titipan, bukan alat memperkaya diri atau keluarga. Kepala daerah hari ini mestinya meneladani itu, memastikan setiap rupiah APBD digunakan untuk kesejahteraan rakyat, bukan untuk memperbesar rekening pribadi.

2. Kejujuran dalam setiap kebijakan;
Rasulullah tidak pernah berbohong meski dalam perkara kecil. Pemimpin seharusnya berani berkata jujur pada rakyat: tentang kondisi keuangan daerah, tentang keterbatasan, bahkan tentang kegagalan. Bukan malah menutup-nutupi dengan angka manipulatif demi pencitraan.

3. Kesederhanaan hidup;
Rasulullah hidup sederhana, bahkan ketika memiliki peluang untuk kaya raya. Sedangkan para kepala daerah kita sering kali larut dalam gaya hidup mewah: mobil dinas berderet, perjalanan dinas berulang, pesta perayaan digelar besar-besaran, sementara rakyat kecil masih kesulitan biaya pendidikan dan kesehatan.

Jika para kepala daerah benar-benar ingin menjadikan Maulid sebagai momen penting, seharusnya mereka tidak hanya sibuk di atas panggung, tapi juga menjadikan amanah dan kejujuran sebagai kompas kepemimpinan sehari-hari. Tidak ada artinya mengeluarkan kata-kata manis tentang Rasulullah jika kebijakan yang diambil justru menyengsarakan rakyat.

Rasulullah pernah bersabda bahwa sebaik-baik pemimpin adalah yang paling dicintai rakyat karena keadilannya, dan seburuk-buruk pemimpin adalah yang dibenci rakyat karena kezalimannya.

Pertanyaannya: apakah kepala daerah hari ini sudah berada di jalan yang benar? Ataukah mereka hanya menumpang nama Rasulullah untuk memperindah citra di depan rakyat?
Maulid seharusnya menjadi alarm moral: jangan sibuk dengan perayaan tapi lalai dari keteladanan.

Jadikanlah Rasulullah sebagai teladan dalam kejujuran, jadilah pemimpin yang Al-Amin bukan yang Al-Korup. Sebab, yang paling dibutuhkan rakyat bukanlah panggung megah dan sambutan panjang, melainkan pemimpin yang benar-benar meneladani sifat Al-Amin, Amanah, Jujur, dan Adil.

*Pengamat sosial dan politik, tinggal di Jambi

Continue Reading

OPINI

PETI Dicaci, PETI Pemberi Rezeki: Siapa yang Ditumbalkan?

Oleh: Daryanto*

DETAIL.ID

Published

on

FENOMENA Penambangan Emas Tanpa Izin (Peti), bukanlah terjadi baru-baru ini saja. Sejak transmigrasi masuk, sudah banyak bekas galian PETI di sepanjang lokasi yang dijadikan perkebunan. Seperti yang terjadi di Kecamatan Renah Pamenang, Pamenang Selatan misalnya, bekas galian para warga yang mencari butiran emas bisa disaksikan secara kasat mata. Hanya saja cara mereka awalnya hanya mengunakan dulang atau alat tradisional yang digunakan untuk memisahkan butiran pasir dan buliran emas, cara mereka menggalinya pun mengunakan alat sederhana seperti linggis.

Namun memasuki tahun 2010, aktivitas PETI berubah total, dari yang awalnya tradisional, berubah mengunakan mesin dan merambah mengunakan alat berat sampai sekarang.

Tapi diakui atau tidak, di Provinsi Jambi, aktivitas peti khususnya di Jambi Wilayah Barat, seperti Tebo, Muara Bungo, Merangin, dan Sarolangun aktivitas PETI terus terjadi, namun pola-pola yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan emas dilakukan dengan tiga cara, seperti dompeng darat, lanting, dan menggunakan box

Dompeng darat, biasanya oknum masyarakat mencari emas menggunakan alat berat dengan cara mengali tanah dengan kedalam tertentu, dibantu dua mesin penyedot air dan mesin penyedot batu dan mampu menampung sampai delapan tenaga kerja, dengan kelebihannya setelah ditambang bisa direklamasi ulang dan bisa ditanami kembali.

Berbeda dengan dompeng lanting, biasanya masyarakat mengunakan rakit buatan yang dilakukan di dalam sungai, dengan cara menyedot batu dan pasir di dalam sungai dengan dua mesin yang biasanya dilakukan oleh tiga tenaga kerja, Terkadang pasir yang disedot dimasukan kembali ke sungai sehingga membuat aliran sungai menjadi dangkal.

Lain halnya PETI menggunakan alat berat yang bekerja, mengambil pasir dan batu menggunakan baket alat berat kemudian dimasukan dalam alat box, dan biasanya ada dua sampai tiga pekerja yang melakukan pekerjaan secara terus menerus di bantaran aliran sungai sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang cukup parah dan susah untuk direklamasi ulang.

Tentu ada hal yang menarik dari tiga katagori PETI yang sering dilakukan oleh warga, Bagaimana pengunaan merkuri atau logam berat. Dari pantauan penulis, masyarakat yang beraktivitas PETI rata-rata mengunakan logam berat untuk memisahkan emas dari pasir hitam dengan cara memasukan ke dalam ember, kemudian diaduk di satu tempat agar logam berat tidak terbuang lalu di peras mengunakan kain tipis untuk memisahkan emas dan logam berat, atau bagi masyarakat pendompeng mengenalnya dengan istilah “ngepok”, setelah terpisah air tak tadi dimasukan ke dalam botol untuk bisa dipergunakan lagi.

Lalu kemana para pemain petugas menjual hasilnya? Banyak di sejumlah tempat yang biasa menampung hasil PETI, ada pemilik modal yang bekerja sama dengan cara main “DO”, dengan sistem pembelian yang berbeda dengan harga toko emas, dan ada juga yang langsung menjual lepas ke penadah emas dengan harga yang lebih tinggi di banding pemilik “DO”. Tak perlu harus menelisik toko emas mana yang menjadi langganan pelaku PETI menjual hasilnya dan “aman dari pengamatan petugas” dan sudah jadi pengetahuan umum masyarakat Merangin.

Dari sisi ekonomi, bagi sebagian masyarakat, kerja di Penambangan Emas Tanpa Izin tentu sangat menjanjikan, sebab banyak masyarakat yang tertolong dari pinjaman pinjol, tagihan angsuran bank, angsuran kredit motor dan biaya anak sekolah, belum lagi bagi oknum NGO, oknum organisasi profesi, institusi tertentu, yang sering mendapatkan rezeki dari para pemilik mesin dompeng, walaupun hanya sekedar berbasa-basi dengan pemilik PETI.

Lalu bagaimana PETI yang sudah terjadi puluhan tahun tetap berlangsung sampai saat ini? Meskipun sudah banyak pekerja PETI yang tertangkap dan dipenjara, apakah ada efek jera?

Bagi sebagian kecil pekerja pasti dapat efek jera, sebab hanya pekerja saja yang jadi tumbal dan jarang pemilik dan pemodal PETI yang tertangkap. Namun fakta di lapangan bisa dilihat hari ini dirazia aparat keamanan berhenti bekerja, besok pasti sudah bekerja lagi demi tuntutan kebutuhan perut.

Terkadang ada juga faktor x yang berpengaruh, agar saat razia terkesan ada hasil, di lokasi tertentu para pemilik alat berat dan dompeng bisa berkoordinasi dengan baik dengan para oknum, maka sudah pasti akan selamat, tetapi jika di satu wilayah para pemain alat berat dan pemilik dompeng di anggap “pelit”, dan sering masuk pemberitaan bisa dipastikan bakal ada yang kena, dan ini fakta yang terus menerus terjadi.

Mari kita lihat bagaimana peran penting PETI yang dicaci tetapi membawa rezeki. PETI tidaklah akan berjalan sampai hari ini jika bahan bakar distop dari hulunya, tetapi ada fakta lainnya yang tidak bisa dipisahkan, ibarat PETI adalah gula manis, tentu banyak jenis semut yang mendekati untuk mendapatkan rasa manisnya.

Siapa yang berani menjual bahan bakar PETI seperti solar subsidi dalam jumlah besar jika bukan ada oknum aparat keamanan yang bermain? Pemandangan antrian solar subsidi pasti mengular di sejumlah SPBU di Merangin yang menyediakan bio solar, banyak cara dilakukan dengan mengisi berkali kali dengan nomor barcode yang berbeda beda, lalu hasil antrian solar sudah pasti sudah ada pembeli yang dijual ke lokasi PETI. Lalu kenapa PETI bisa sebagian aman saat dirazia dan sudah bocor duluan saat didatangi ke lokasi, sudah bisa diduga ada oknum aparat keamanan yang pasti ikut mendapatkan bagian dari kegiatan ilegal tersebut, dan bahasa sederhananya adalah mendapatkan “bulanan” per alat berat di setiap wilayah di Merangin pasti berbeda beda nominalnya.

Lalu ada peran Pemerintah Daerah yang tidak mau kehilangan cara, dengan menerbitkan surat edaran Kepala Daerah yang ditujukan kepada perangkat pemerintahan kecamatan hingga level desa untuk tidak terlibat PETI, apalagi Kades merupakan pemangku adat di desanya.

Situasi ini tentunya mudah disampaikan tapi sulit dikerjakan. sebagian besar masyarakat di Merangin sudah puluhan tahun banyak yang bekerja dan menggantungkan hidup di sektor “per-PETI-an” , dan saat pemerintah menghimbau tidak melakukan aktivitas PETI tetapi sayangnya edaran tersebut tidak disertai solusi konkrit yang bisa dikerjakan masyarakat agar bisa beralih ke pekerjaan lainnya selain kerja PETI.

Jikalau mau dan serius dalam memberantas PETI, Pemerintah Daerah wajib membentuk Tim Terpadu untuk melakukan kerja sama dan secara serius mencarikan solusi agar masyarakat bisa mendapatkan pilihan pekerjaan selain PETI, dan berani tegas untuk menindak semua oknum aparat keamanan yang berani menjual BBM kepada para pelaku PETI, tidak menerima uang bulanan, dan sama-sama mengawal kebijakan soal wilayah pertambangan rakyat, bagaimana izin pertambangan rakyat bisa didapatkan, sehingga tidak ada lagi cara-cara ilegal untuk mendapatkan uang demi kebutuhan hidup masyarakat banyak.

Seperti kaga pepatah, jika air keruh di hilir tengoklah dari hulunya.

Salam santun.

*Penulis adalah wartawan DETAIL.ID yang tinggal di Kabupaten Merangin.

Continue Reading

OPINI

Pembangunan Stockpile Batu Bara dan Penolakan Warga: Ujian Serius Bagi Pemerintah

Oleh: Eko Saputra S. Lumban Gaol, SH*

DETAIL.ID

Published

on

PEMBANGUNAN stockpile batu bara di Kelurahan Aur Kenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, telah memicu gelombang penolakan besar. Warga menilai proyek ini bukan sekadar persoalan teknis perizinan, tetapi ancaman langsung terhadap keselamatan, kesehatan, dan hak hidup mereka.

Provinsi Jambi selama ini menjadi salah satu lumbung batu bara nasional. Namun, di balik sumbangan devisa, masyarakat justru menanggung dampak: jalan rusak akibat truk over tonase, kemacetan kronis, polusi udara yang memicu penyakit, dan meningkatnya kecelakaan lalu lintas yang berujung korban jiwa. Terakhir, pembangunan stockpile batu bara di tengah pemukiman padat semakin memperparah beban masyarakat.

Pemerintah Harus Memihak Rakyat

PT Sinar Anugerah Sukses (SAS), pemilik IUP ±1.273 hektare di Sarolangun, mengklaim memiliki izin sah untuk membangun stockpile sekaligus pelabuhan pengangkutan. Namun, fakta di lapangan menunjukkan minimnya keterbukaan:

  • Tidak ada sosialisasi yang layak bagi warga terdampak.
  • Lokasi di jantung pemukiman yang rawan banjir, macet, dan polusi.
  • Dugaan pelanggaran tata ruang dan peruntukan lahan.

Penolakan pun meluas, para aktivis lingkungan, mahasiswa, pemuda, hingga warga sekitar menegaskan ketidaksetujuan mereka. Bagi masyarakat, proyek ini bukan peluang ekonomi, melainkan ancaman hidup.

Klaim PT SAS soal kepatuhan izin tak bisa menjadi tameng. Pemerintah dari pusat hingga kota dituntut berhenti bersikap pasif. Jika izin memang diberikan, prosesnya perlu diaudit terbuka. Bila memang menyalahi RTRW atau mengancam keselamatan warga, pencabutan izin atau relokasi harus menjadi langkah tegas.

Just Transition Bukan Sekadar Konsep

Transisi energi yang adil (Just Transition) adalah pendekatan yang menekankan perlunya transisi energi yang adil, inklusif dan adil untuk semua pihak. Di Aur Kenali, Just Transition menjadi satu hal yang prinsip, tidak ada pembangunan yang mengorbankan kesehatan, keselamatan, dan ruang hidup warga yang mengatasnamakan investasi dan keuntungan segelintir perusahaan.

Penolakan warga Aur Kenali adalah peringatan keras bahwa investasi tak boleh menindas hak masyarakat, tapi seyogyanya mendorong transisi energi dan ekonomi yang adil, dengan memastikan tidak ada yang tertinggal.

Pemerintah wajib hadir sebagai pelindung rakyat, bukan sekadar pemberi izin. Tanpa keberpihakan tegas, pembangunan stockpile batu bara hanya akan meninggalkan luka sosial dan ekologis yang dalam.

*Warga RT 014/002 Desa Mendalo Darat, mahasiswa Pascasarjana Universitas Jambi dan Ketua DPC FSB NIKEUBA Muarojambi

Continue Reading
Advertisement Advertisement
Advertisement ads

Dilarang menyalin atau mengambil artikel dan property pada situs