NASIONAL
Puan Terima Presidensi Dewan Perwakilan Rakyat Asean: Kami Berorientasi Pada Aksi
DETAIL.ID, Jakarta – DPR RI resmi menjadi presidensi lembaga dewan legislatif ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) 2023. Ketua DPR Puan Maharani mendapatkan tongkat estafet presidensi dewan legislatif untuk negara-negara Asia Tenggara itu dari Kamboja.
Penyerahan presidensi lembaga Parlemen ASEAN tersebut digelar dalam penutupan Sidang Umum AIPA ke-43 yang diselenggarakan di Hotel Shoka, Phnom Penh, Kamboja, Kamis , 24 November 2022. Selain memegang presidensi, dewan perwakilan rakyat RI juga akan menjadi tuan rumah Sidang Umum AIPA ke-44 tahun depan.
Dalam penyerahan Presidensi AIPA, Puan secara simbolis mendapatkan palu sidang dari Presiden National Assembly Kamboja, Heng Samrin. Adapun jadwal kekuataan Indonesia tahun 2023 adalah ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’.
“Indonesia siap melanjutkan acara AIPA 2022 di bawah kepemimpinan Kamboja. Agenda Indonesia untuk AIPA pada tahun 2023 akan menjadi jadwal yang ambisius, inklusif, dan berorientasi pada agresi,” kata Puan saat memberikan pidato usai penyerahan Presidensi AIPA.
Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini menyebut, pertemuan AIPA ke-43 ini menawarkan kesepakatan berpengaruh parlemen anggota ASEAN untuk mendukung kerja AIPA. Apalagi, menurutnya, dunia saat ini tengah menghadapi krisis multi dimensi.
“Saat kita secara kolektif melakukan pekerjaan untuk pulih dari pandemi, kita juga dihadapkan pada meningkatnya ketegangan geopolitik, inflasi yang tinggi, serta krisis pangan dan energi,” sebutnya.
Asia Tenggara pun disebut tengah dihadapkan pada aneka macam bahaya terhadap stabilitas daerah, mirip kembalinya kompetisi kekuatan besar, gangguan rantai pasokan, dan tantangan arsitektur daerah. Karena itu agenda AIPA tahun depan akan menyinari pentingnya mempertahankan persatuan ASEAN di tengah banyak sekali krisis global.
“Untuk mewujudkannya, kita perlu membangun satu visi bersama (shared vision) dalam mengelola tata dunia global dan regional untuk menciptakan satu dunia untuk semua, one earth for all,” tegas cucu Proklamator RI Bung Karno itu.
Puan menilai, tatanan dunia global perlu didukung oleh tata kelola regional. Ia menyatakan, agenda AIPA 2023 harus mampu meneguhkan kepatuhan pada hukum internasional dan Piagam PBB.
Selain itu, lanjut Puan, AIPA perlu mendorong obrolan dan diplomasi serta meninggalkan cara-cara kekerasan dalam menuntaskan perbedaan.
“Asia Tenggara mesti menjadi acuan (lead by example) dalam berbagi kolaborasi regional,” tuturnya.
Menurut Puan, untuk merealisasikan visi bersama tersebut dewan perwakilan rakyat negara anggota ASEAN juga harus ikut aktif mengiklankan demokrasi, serta menciptakan perdamaian, dan kemakmuran. Ia menegaskan badan legislatif harus berkontribusi menyiapkan Asia Tenggara dalam menghalangi terjadinya krisis di periode depan.
“Untuk hal itu semua, DPR RI berkomitmen untuk menjaga sentralitas ASEAN, dalam menghadapi dinamika geopolitik di daerah,” ucap Puan.
Sebagai Ketua AIPA tahun 2023, DPR RI mengajak dewan legislatif anggota AIPA untuk melakukan pekerjaan sama mengatasi banyak sekali tantangan global. Asia Tenggara, kata Puan, mesti menjadi teladan dalam membina kerja sama regional sebagai katalis untuk membangun stabilitas, perkembangan ekonomi, dan proses pemulihan.
“Dalam menanggapi bahaya pergeseran iklim, kita harus meninggalkan paradigma ‘berkembang sekarang, bersihkan nanti’,” ucapnya.
Puan juga menekankan pentingnya kerja sama di tengah meningkatnya fragmentasi dan polarisasi di dunia.
Apalagi beberapa pihak mencemaskan kembalinya perang hambar (cold war) sebab meningkatnya kompetisi kekuatan besar di dunia.
“Parlemen juga harus menolong menyiapkan kawasan dalam menangkal krisis di kurun depan di Asia Tenggara,” ujar Puan.
Untuk itu, dewan perwakilan rakyat RI berkomitmen untuk mempertahankan sentralitas ASEAN di tengah dinamika geopolitik daerah. Puan percaya Parlemen ASEAN dapat membangun visi bersama perihal Asia Tenggara yang tenang dan makmur.
“Sebagai Ketua AIPA tahun 2023, saya ingin mengajak semua anggota badan legislatif AIPA untuk bekerja sama menghadapi tantangan kita bersama,” tuturnya.
“Bersama-sama, kita akan memberikan kontribusi yang faktual dan berguna bagi orang-orang yang kita layani,” tutur Puan.
Dalam pertemuan pers usai penutupan Sidang Umum AIPA ke-43, Puan kembali menyatakan agenda AIPA 2023 akan menekankan pada pentingnya menjaga soliditas ASEAN di tengah aneka macam krisis global.
“Saya berharap dapat menyambut Anda semua di Indonesia pada tahun 2023. Terima kasih Kamboja, dan sampai jumpa di Indonesia tahun depan,” kata Puan.
Pertemuan Bilateral dengan Ketua Parlemen Kamboja
Usai Sidang Umum AIPA ke-43 akhir, Puan juga secara khusus melakukan konferensi bilateral dengan Heng Samrin yang juga Ketua Majelis Nasional Kamboja. Mantan Menko PMK ini berharap konferensi ini dapat menjadi saat-saat untuk memperkuat kerja sama Indonesia dengan Kamboja.
“Parlemen merupakan institusi yang esensial dalam mendukung terciptanya demokrasi. Saat ini dibutuhkan sinergi antara pemerintah dan dewan perwakilan rakyat dalam mengatasi banyak sekali tantangan global, yang makin kompleks untuk ditangani oleh pemerintah sendiri,” ujarnya.
Puan pun menilai diperlukan adanya peningkatan kerja sama antara dewan perwakilan rakyat RI dengan Majelis Nasional Kamboja. Sebab kerja sama antar dewan perwakilan rakyat disebut harus terus didorong ketika dunia menghadapi krisis multi dimensi.
“Parlemen mesti berkontribusi menjadi bab dari penyelesaian permasalahan global,” ucap Puan.

NASIONAL
SMA De Britto Berdialog dengan Para Orang Tua Agar Tangguh dan Kolaboratif

DETAIL.ID, Yogyakarta – SMA Kolese De Britto Yogyakarta kembali menggelar pertemuan orang tua siswa untuk kelas X, XI, dan XII dalam tahun ajaran 2025/2026. Selama tiga hari berturut-turut, mulai 1–3 Oktober 2025 ini dibagi dalam tiga sesi. Dalam pertemuan ini, orang tua diajak masuk dalam ruang refleksi dan dialog mendalam melalui tema besar “Menjadi Orang Tua Tangguh dan Kolaboratif”.
Pertemuan orang tua siswa SMA Kolese De Britto tahun ajaran 2025/2026 diawali dengan pengantar dari Romo Agustinus Sugiyo Pitoyo, SJ, selaku Rektor SMA Kolese De Britto. Dalam pengantarnya, Romo Pitoyo menekankan pentingnya peran keluarga dalam mendampingi anak-anak di masa pertumbuhan dan juga menyampaikan informasi tentang pembangunan sarana prasarana gedung baru untuk rumah studi di laboratorium alam dan juga gedung kelas saat ini.
“Sekolah adalah rumah kedua bagi anak-anak kita, maka terkait sarana prasarana pendukung harus disediakan dengan baik, namun, rumah pertama tetaplah keluarga. Oleh karena itu, kolaborasi antara sekolah dan orang tua menjadi fondasi yang kokoh untuk membentuk pribadi yang tangguh. Tema kita hari ini, Menjadi Orang Tua Tangguh dan Kolaboratif, adalah undangan bagi kita semua untuk terus bersinergi dalam mendampingi putra-putra kita menuju kedewasaan,” kata Romo Pitoyo.
Setelah pengantar, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah, Robertus Arifin Nugroho, S.Si., M.Pd. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa pertemuan orang tua bukan sekadar forum informasi, melainkan kesempatan membangun komitmen bersama.
“Pendidikan yang kami jalankan di Kolese De Britto berlandaskan spiritualitas Ignasian, yakni mendidik manusia muda menjadi pribadi yang cerdas, berhati nurani, peduli, dan berkomitmen. Namun, proses ini tidak akan optimal tanpa dukungan orang tua. Dengan kolaborasi, kita bisa menuntun para putra menjadi generasi yang berkarakter, tangguh, dan siap melayani,” ujar Arifin.
Agenda berikutnya adalah penjelasan kurikulum oleh Ibu F. Ratna Dwi Astuti, M.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum. Ratna memaparkan arah pembelajaran yang menekankan pada Kurikulum Merdeka, yang memberi ruang kebebasan bertanggung jawab kepada siswa untuk mengembangkan potensi sesuai minat dan bakat.
“Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Kolese De Britto sejatinya sejalan dengan semangat pendidikan Yesuit yang memanusiakan manusia muda. Kami tidak hanya menekankan pencapaian akademik, tetapi juga keterampilan hidup, karakter, serta kemampuan reflektif. Kami ingin anak-anak mampu belajar secara kritis, kreatif, sekaligus memiliki empati dalam kehidupannya,” kata Ratna.
Selanjutnya, penjelasan kepamongan disampaikan oleh Romo Hugo Hadibowo, SJ. Ia menekankan bahwa pendidikan di De Britto tidak hanya berlangsung di ruang kelas, tetapi juga dalam kehidupan bersama melalui pendampingan pamong.
“Kepamongan adalah wajah khas pendidikan di Kolese De Britto. Kami tidak hanya mendidik dengan kata-kata, melainkan dengan kehadiran dan pendampingan nyata dalam keseharian siswa. Anak-anak didampingi dalam proses belajar, berorganisasi, hingga hidup bersama, agar para putra tumbuh menjadi pribadi yang matang, mandiri, dan penuh tanggung jawab,” ucap Romo Hugo.
Bagi SMA De Britto pertemuan ini bukan sekadar agenda rutin tahunan untuk penyampaian informasi akademik dan kepamongan, melainkan juga ruang perjumpaan yang meneguhkan kembali peran strategis orang tua sebagai mitra sekolah dalam mendampingi para putra. Dalam pertemuan ini juga, untuk lebih memberikan bekal pendampingan dan pendampingan dalam keluarga yang berdasarkan semangat Spiritualitas Ignasian, maka menghadirkan tiga narasumber imam Serikat Yesus (SJ). Dalam acara ini membahas pendampingan anak sesuai tahap perkembangan tiap jenjang yang menjadi arah dan tujuan SMA Kolese De Britto terkait; masa adaptasi di kelas X, masa sosialisasi di kelas XI, dan masa internalisasi di kelas XII. Oleh karena itu supaya para orang tua setiap angkatan bisa memahami dan mengerti serta bisa melaksanakan akan pendampingan berjenjang ini secara utuh dan optimal.
Hari Pertama – Examen Conscientiae untuk Orang Tua Kelas X
Suasana penuh kehangatan menyelimuti Aula Kolese De Britto pada 1 Oktober 2025 saat Romo Evodius Sapto Jati Nugroho, SJ menyampaikan materi tentang Examen Conscientiae. Ia mengajak para orang tua kelas X untuk melatih diri dalam refleksi rohani sehari-hari sebagai bekal mendampingi putra-putra mereka yang tengah beradaptasi dengan dunia SMA.

IFFP Kelas X Romo Sapto. (ist)
“Examen adalah latihan sederhana, namun menyentuh hati. Melalui refleksi, kita diajak menyadari kehadiran Allah dalam hidup sehari-hari. Orang tua yang setia berlatih Examen akan lebih peka dalam memahami anak-anaknya,” kata Romo Sapto.
Materi ini sekaligus menegaskan kembali visi pendidikan Kolese De Britto yang menekankan pembentukan pribadi berhati nurani (conscience). Dengan hati yang jernih, orang tua diharapkan mampu membangun komunikasi yang lebih sehat dan mendukung pertumbuhan putra-putra mereka secara utuh.
Hari Kedua – Formasi Sosial dan Live-in bagi Orang Tua Kelas XI
Pada 2 Oktober 2025, Romo Tiro Angelo Supit-Daenuwy, SJ membawakan materi tentang Formasi Sosial dalam Pendidikan Kolese. Fokusnya adalah pentingnya pengalaman sosial, terutama melalui program Live-in Sosial yang sudah menjadi bagian integral dari tradisi pendidikan di De Britto.
“Anak-anak kita tidak hanya belajar di dalam kelas. Mereka perlu mengalami langsung kehidupan masyarakat, melihat realitas, merasakan keterbatasan, dan belajar solidaritas. Dari situ tumbuh kepedulian yang tulus dan keberanian untuk melayani,” tutur Romo Tiro.
Bagi orang tua kelas XI, materi ini menjadi pengingat bahwa pembentukan kepedulian sosial tidak bisa hanya diserahkan pada sekolah. Orang tua perlu berkolaborasi dengan mendukung, mendorong, dan memberi ruang bagi putra-putra mereka untuk berjumpa dengan realitas sosial yang sesungguhnya.
Hari Ketiga – Diskresi dan Pengambilan Keputusan bagi Orang Tua Kelas XII
Puncak pertemuan berlangsung pada 3 Oktober 2025, di mana Romo Paulus Suparno, SJ memaparkan materi tentang Diskresi (Pengambilan Keputusan). Topik ini dirasa sangat relevan bagi orang tua kelas XII yang anak-anaknya tengah berada pada fase krusial: menentukan arah masa depan, baik studi lanjut maupun pilihan panggilan hidup. Romo Paul mengaitkan diskresi dengan konsep kebebasan sejati dalam pendidikan.
Pada fase ini, para siswa tengah berada pada masa krusial untuk menentukan arah masa depan, baik studi lanjut maupun pilihan panggilan hidup. Diskresi dipahami bukan sekadar memilih secara rasional, melainkan proses reflektif yang melibatkan aspek intelektual, emosional, dan spiritual untuk menemukan keputusan yang matang dan bertanggung jawab.
Menurut Romo Paul, diskresi sejati selalu terkait dengan kebebasan dalam pendidikan, yaitu kebebasan yang bertanggung jawab: bebas dari tekanan, prasangka, dan ambisi semu, serta bebas untuk mengembangkan potensi dan mengikuti panggilan hidup. Orang tua didorong untuk menjadi pendamping, bukan pengendali, dengan cara mendengarkan, memberi ruang eksplorasi, memfasilitasi informasi, dan mengarahkan anak agar keputusan yang diambil selaras dengan nilai keluarga serta visi pendidikan Kolese De Britto. Melalui diskresi, anak diajak membuat pilihan yang tidak hanya praktis, tetapi juga bermakna dan memanusiakan, sehingga mampu menapaki jalan hidupnya dengan merdeka, berhati nurani, dan bertanggung jawab. (*)
NASIONAL
Jelang Pertemuan Alumni Jesuit Dunia Tahun 2026, Presiden WUJA Kunjungi SMA Kolese De Britto

DETAIL.ID, Yogyakarta – SMA Kolese De Britto Yogyakarta menerima kunjungan istimewa dari Presiden World Union of Jesuit Alumni (WUJA), Mr. Francisco Guarner asal Spanyol bersama rombongan dari Perkumpulan Alumni Kolese Jesuit (PAKJ) pada Sabtu lalu, 20 September 2025.
Kunjungan ini merupakan bagian dari road show ke sekolah-sekolah Jesuit di Indonesia sebagai persiapan menuju Pertemuan Alumni Jesuit Sedunia (WUJA) yang akan diselenggarakan pada 29 Juli – 2 Agustus 2026 mendatang di Yogyakarta.
Rombongan WUJA dan PAKJ disambut secara hangat oleh civitas akademika De Britto di ruang kaca sekolah. Acara dimulai dengan sambutan pembuka serta pemaparan mengenai sejarah, visi-misi, dan perkembangan SMA Kolese De Britto yang disampaikan oleh Kepala Sekolah, Bapak Robertus Arifin Nugroho, S.Si., M.Pd., serta dikuatkan oleh Ketua Yayasan De Britto, Romo Agustinus Sugiyo Pitoyo, SJ.
Dalam penjelasannya, Kepala Sekolah memaparkan berbagai pencapaian dan inovasi sekolah, termasuk dalam bidang kurikulum berbasis Ignasian, program kepemimpinan, serta kontribusi alumni di berbagai bidang baik nasional maupun internasional.
Arifin juga mengungkapkan harapan besar agar kunjungan ini menjadi langkah awal kerja sama yang lebih erat antara De Britto dan jejaring alumni Jesuit dunia.
Nilai-nilai Ignasian
Selanjutnya Romo Pitoyo menekankan pentingnya kesinambungan nilai-nilai Ignasian dalam pendidikan modern. Ia menyoroti bagaimana De Britto membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki kepekaan sosial dan spiritualitas yang mendalam.
Sementara itu, dari Presiden WUJA dalam sambutannya, Mr. Francisco Guarner menyampaikan rasa kagum dan apresiasinya terhadap semangat, integritas, dan karakter khas yang dibentuk oleh pendidikan Jesuit di De Britto. Francisco menegaskan pentingnya membangun jejaring global antar alumni Jesuit untuk memperkuat solidaritas, kerja sama lintas budaya, serta kontribusi nyata dalam menghadapi isu-isu global seperti perubahan iklim, kesenjangan sosial, dan pendidikan yang inklusif.
“Saya melihat semangat Ignasian yang kuat di De Britto. Pendidikan di sini bukan hanya tentang kecerdasan intelektual, tapi juga pembentukan karakter dan kepedulian terhadap sesama sebagai fondasi penting dalam membangun dunia yang lebih adil dan manusiawi,” ujar Francisco.
Acara dilanjutkan dengan ramah tamah yang dipenuhi suasana keakraban dan kekeluargaan. Dalam kesempatan tersebut, para tamu dihibur dengan penampilan seni dari siswa De Britto yang mencerminkan semangat kebudayaan dan kreativitas anak bangsa.
Penampilan Orkestra JB membuka acara dengan suguhan musik klasik dan kontemporer yang memukau. Disusul dengan penampilan tari tradisional “Sobrak”, yang menceritakan perjalanan transformatif seorang anak menuju fase remaja, sebuah simbolisasi yang selaras dengan proses pendidikan dan pembentukan jati diri di De Britto.

Penampilan Tari Sobrak dari Albert, salah satu siswa SMA Kolese De Britto. (ist)
Tari Sobrak bukan hanya pertunjukan estetis, tetapi juga sarat makna: perubahan, pencarian identitas, dan kesiapan untuk menghadapi dunia dengan nilai-nilai yang kokoh.
Memperkuat Jejaring Internasional Alumni Jesuit
Kunjungan ini menjadi momen penting bagi SMA Kolese De Britto untuk memperkuat jejaring internasional dengan komunitas alumni Jesuit dari berbagai belahan dunia. Diharapkan, pertemuan akbar WUJA 2026 di Yogyakarta mendatang bukan hanya menjadi ajang reuni alumni, tetapi juga menjadi platform kolaboratif global dalam semangat pelayanan, kepemimpinan, dan solidaritas sosial.
“Kami berharap kunjungan ini menjadi awal dari relasi yang lebih luas dan mendalam dengan komunitas Jesuit global. Dengan jejaring yang kuat, alumni-alumni Jesuit di seluruh dunia dapat bersama-sama menjawab panggilan zaman,” tutur Arifin menutup acara.
Tentang WUJA
World Union of Jesuit Alumni (WUJA) adalah organisasi internasional yang menghimpun para alumni dari sekolah, universitas, dan lembaga pendidikan Jesuit di seluruh dunia. WUJA bertujuan membangun solidaritas global antar alumni dalam semangat Ignasian untuk menciptakan perubahan sosial yang positif dan berkelanjutan. (*)
NASIONAL
Orang Tua dan Wali Siswa De Britto Dikenalkan Spiritualitas Santo Ignatius Secara Mendalam

DETAIL.ID, Yogyakarta – SMA Kolese De Britto kembali menegaskan komitmennya dalam membangun sinergi antara pendidikan dan keluarga melalui kegiatan Ignatian Formation for Parents (IFFP) yang digelar pada Sabtu, 13 September 2025. Formasi ini dikhususkan bagi para orang tua dan wali siswa kelas X, mengangkat tema “Mengenal Secara Mendalam Spiritualitas Santo Ignatius”.
“Mengenal spiritualitas Ignatian adalah langkah awal yang penting bagi orang tua untuk memahami arah dan jiwa pendidikan di Kolese De Britto. Dengan memahami nilai-nilai dasar Ignatian, seperti refleksi, kepedulian, dan pelayanan, orang tua dapat berjalan seiring dengan sekolah dalam mendampingi putra-putra tumbuh menjadi pribadi yang utuh, berkarakter, dan peduli pada sesama”, demikian penjelasan dari Rektor SMA Kolese De Britto, Romo Agustinus Sugiyo Pitoyo, SJ Rektor SMA Kolese De Britto dalam memberikan pengantar pertemuan tersebut.
Berikutnya Kepala Sekolah Robertus Arifin Nugroho, S.Si., M.Pd menyampaikan, “dalam semangat spiritualitas Ignatian, pendampingan pendidikan tidak bisa berjalan sendiri. Sinergi antara sekolah dan orang tua sangat penting, terutama di awal perjalanan putra-putra kita di kelas X. Bersama, kita membentuk pribadi yang reflektif, peduli, dan siap melayani, karena pendidikan di De Britto adalah proses menemani tumbuh, bukan sekadar mengajar.”
Acara IFFP ini, dipandu oleh Romo Mutiara Andalas, SJ, SS, STD, seorang formator dan teolog Jesuit yang dikenal luas dalam bidang spiritualitas Ignatian. Acara ini berlangsung dalam suasana hangat, reflektif, dan penuh kedalaman. Para peserta diajak untuk menyelami semangat hidup Santo Ignatius Loyola, pendiri Serikat Yesus, yang menjadi fondasi utama pendidikan di Kolese De Britto.

Romo Mutiara Andalas, SJ sebagai narasumber memberi penjelasan mengenai Santo Ignatius Loyola. (ist)
Dalam acara ini dua aspek dasar dan penting yang dikupas dan dipaparkan adalah mengenai, berikut ini:
1. Orang Tua sebagai Pendamping Sejati
Dalam pemaparannya, Romo Andalas menekankan bahwa spiritualitas Ignatian bukan hanya relevan bagi para siswa, tetapi juga memiliki makna besar bagi para orang tua. Ia mengajak para peserta untuk melihat anak bukan sebagai “proyek” yang harus sempurna, melainkan sebagai pribadi yang dikasihi secara utuh oleh Allah. Beberapa pokok refleksi yang disampaikan dalam sesi formasi antara lain:
- a. Melihat anak sebagai anugerah, bukan sebagai objek ekspektasi.
- b. Menghadirkan cura personalis, yaitu pendampingan yang penuh perhatian, kasih, dan empati.
- c. Menghidupi semangat Magis, selalu berusaha menjadi lebih baik dalam kasih dan pelayanan.
- d. Melatih discernment, kemampuan untuk membedakan dan memilih yang benar dalam kehidupan sehari-hari.
- e. Menjadikan rumah sebagai ruang formasi iman dan karakter, tempat bertumbuhnya pribadi-pribadi yang tangguh dan peduli.
“Formasi Ignatian bukan hanya untuk anak, tetapi untuk seluruh keluarga. Dari rumah yang penuh kasih dan kesadaran, lahir manusia-manusia yang utuh dan bermakna,” ujar Romo Andalas dalam salah satu bagian refleksinya.
2. Kolaborasi Sekolah dan Keluarga
Kegiatan IFFP ini menjadi momentum penting yang menunjukkan bahwa pendidikan karakter dan spiritualitas di Kolese De Britto tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah, tetapi juga merupakan proyek bersama dengan keluarga. Sinergi ini mencerminkan semangat menjadi teman seperjalanan dalam mendampingi para remaja menuju kedewasaan yang utuh; intelektual, emosional, dan spiritual.
Sekolah menyampaikan apresiasi mendalam kepada seluruh orang tua dan wali siswa kelas X atas partisipasi aktif dan keterbukaannya dalam mengikuti proses formasi ini.
Pada sesi penutup Romo Aluisius Dian Permana, SJ selaku Kepala Campus Ministry memberikan peneguhan “Melalui IFFP, orang tua diajak masuk lebih dalam ke dalam spiritualitas Ignatian agar dapat mendampingi putranya bukan hanya sebagai orang tua, tetapi juga sebagai sahabat dalam pertumbuhan iman dan karakter. Ini adalah ruang bersama untuk bertumbuh, mendengarkan, dan membentuk keluarga yang penuh refleksi, kasih, dan harapan.”
Melalui kegiatan IFFP ini, Kolese De Britto terus membuktikan bahwa pendidikan yang bermakna adalah pendidikan yang menyentuh hati, membangun relasi, dan menghidupkan semangat pelayanan, tidak hanya di ruang kelas, tetapi juga di ruang keluarga. (*)