DETAIL.ID, Jakarta – Facebook sebagai pemilik layanan Whatsapp, segera menetapkan biaya kepada para penggunanya pada layanan obrolan WhatsApp Business. Artinya, tak lama lagi WhatsApp tak sepenuhnya gratis lagi.
Facebook mengungkap akan ada biaya kepada pengguna WhatsApp Business untuk mengirim pesan tertentu kepada pelanggan seperti tiket pesawat atau tanda terima produk. Biaya bervariasi tergantung negara dan jumlah pesan yang dikirim melansir dari CNBC Indonesia.
Mengenai detail, Facebook tidak memberikan informasi tentang layanan tambahan apa yang rencananya akan dikenakan, atau berapa biayanya. Namun rencana ini akan mengubah cara penagih bisnis.
Tidak dijelaskan pula apakah layanan berbayar ini dikenakan pada WhatsApp Business App atau WhatsApp Business API. Selama ini WhatsApp mendapatkan pemasukan melalui WhatsApp Business API dengan menarik biaya US$0,5 hingga US$0,9 per pengiriman pesan.
Apapun untuk WhatsApp Business diluncurkan pada 2018 dan diperuntukkan bagi usaha kecil dan menengah agar bisa mengobrol dengan pelanggan, memberikan dukungan, dan menjual produk secara langsung.
Sejak awal peluncurannya, WhatsApp memang sudah mengindikasikan layanan ini tidak akan gratis selamanya. Beberapa layanan akan dikenakan biaya. Saat itu WhatsApp Business memiliki lebih dari 50 juta pengguna WhatsApp Business.
Facebook selama ini terus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan dari WhatsApp setelah mengakuisisi aplikasi ini pada 2014 senilai US$16 miliar. Salah satu wacananya dengan menyisipkan iklan di Stories WhatsApp namun rencana ini dibatalkan.
Kabar baiknya, Facebook berjanji akan menggunakan sebagian pendapatan dari WhatsApp Business untuk terus menawarkan layanan gratis kepada lebih dari dua miliar pengguna WhatsApp di seluruh dunia.
Apakah dengan diterapkannya biaya ini akan membuat pengguna akan setia dan bertahan pada Whatsapp Bisnis?
Discussion about this post