BANYAK PIHAK mengatakan, guru yang mempunyai sifat istiqomah, diibaratkan sebagai batu karang yang berada di tengah-tengah lautan, tidak bergeser sedikit pun walau dihantam gelombang yang besar.
Guru dihadapkan dengan berbagai persoalan ‘eksternal’ yang turut mempengaruhi dinamika pembelajaran di ruang kelas: pandemi covid-19, aturan tentang PTM terbatas, pergantian kurikulum, berubah dan bergantinya aturan tentang pendidikan, fasilitas pendidikan yang belum merata, masalah kompetensi guru, dll.
Kita memerlukan ‘guru yang istiqomah’. Guru ini ‘tegak lurus’ (Merdeka.com) membelajarkan siswanya tidak peduli apa pun yang terjadi di luar pembelajaran. Guru yang istiqomah dengan lisan, sikap bertahan dengan ‘mengeluarkan’ bahasa dan tuturan ‘yang enak didengar’ oleh siswa. Dia juga istiqomah dengan hati (Ibnu Abbas), apa pun yang terjadi dia tetap berniat jujur dalam pembelajaran. Dan yang paling penting, dia istiqomah dengan jiwa, dia mendidik dengan niat beribadah bukti ketaatan kepada Allah.
Dengan menerapkan istiqomah, guru akan merasa lebih ringan dalam menjalan tugas dan fungsinya: 1) melaksanakan tugas dengan meluruskan niat hanya untuk Allah SWT; 2) menjalan tugas bukan karena ‘tupoksinya’ tapi karena rindu dengan siswanya; 3) niatnya hanya untuk membelajarkan siswa walaupun caranya berbeda dengan cara cara yang biasa; 4) selalu ‘memburu’ informasi untuk ‘menyamankan diri’ dalam menjalankan tugasnya;
Kemudian, 5) selalu meningkatkan kompetensi diri, rendah diri untuk selalu menerima kritik, tidak pernah cepat puas dengan hasil yang dicapai dan selalu belajar hal baru; 6) ‘sekuat tenaga’ memotivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi, dalam konteks tertentu, siswa ‘dipaksa’ untuk melanjutkan pendidikan; 7) mencari cara ‘mempermudah’ pembelajaran bukan sebaliknya; 8) selalu mendoakan siswa untuk lapang dan terang hatinya dalam belajar.
Bagi guru, selain istiqomah, keteladanan dan moralitas guru juga menjadi prioritas. Tidak ada artinya ‘guru hebat’, bila tidak bisa memperlihatkan dan mencontohkan etika dan moral yang baik. Guru yang istiqomah bukan hanya ‘piawai’ dalam mengelola pembelajaran tapi juga menjadi contoh dan teladan bagi siswanya. Dia tidak membuat contoh, atau memberi contoh tapi mencontohkan sendiri hal hal yang positif.
Dengan menjaga istiqomah, guru tidak mudah ‘tergoda’: mencari ‘jalan pintas’ dalam merencanakan pembelajaran, ‘menyepelekan’ pembelajaran berkualitas, ‘mempermudah’ membuat penilaian, atau ‘membiarkan’ siswa tidak melanjutkan pendidikannya. Semuanya ini akan ’menggerogoti’ sendi-sendi pembelajaran di ruang kelas, dan kalau ini dibiarkan maka siswa akan keluar kelas seperti orang yang tidak belajar.
Harus disadari bahwa istiqomah bukan berarti keras kepala, tinggi hati, mau menang sendiri atau tidak mau mendengar masukan orang lain. Tapi, figur yang memiliki keyakinan kokoh dan memiliki arah hidup yang lurus, selalu ingin belajar, terbuka berdiskusi dengan siapa saja, ingin belajar dengan siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Tidak malu harus belajar dengan siswanya, dengan orang yang lebih muda, dll.
Diyakini bahwa istiqomah bukan hal yang mudah dilakukan walaupun mudah diucapkan. Sifat ini bukan datang begitu saja, tapi dilandasi oleh banyak hal (diadopsi dari Abu Muslih): pertama, sabar adalah sifat dasar guru dalam pembelajaran. Tanpa ada kesabaran, bisa dipastikan guru tidak akan pernah ‘betah’ berada di kelas.
Kata ‘sabar’ inilah yang akan membuat guru memotivasi dirinya untuk selalu belajar, berinovasi dalam pemilihan strategi dan metode pembelajaran. Kata ‘sabar’ ini pula akan menghindarkan guru untuk tidak ‘bermain main’ terhadap kompetensi siswa.
Kedua, keteguhan hati, ini adalah ‘perasaan gembira’ terhadap permasalahan pembelajaran. Tidak goyah terhadap apa pun yang bisa mengganggu guru dalam pembelajaran. Apa pun problem yang muncul, tugas guru tetap membuat siswa belajar, dia akan mencari ‘akal’ agar siswa tetap menikmati proses pembelajaran.
Dia memiliki banyak alternatif dan pilihan agar siswa nyaman belajar dalam kelas. Tidak pernah menyerah dengan keadaan tapi akan ‘merekayasa’ keadaan agar berpihak pada siswa. Tidak boleh ada siswa yang mengeluh, apalagi ‘menderita’ saat pembelajaran. Semua siswa harus ‘direkayasa’ agar bahagia selama pembelajaran.
Keteguhan hati seorang guru disibukkan dengan kecintaan dan kerinduan untuk meningkatkan kompetensi siswa, guru tidak akan pernah merasakan sakit atau kecewa atas permasalahan yang muncul dalam pembelajaran, justru, permasalahan itulah penyemangat dirinya untuk ‘beribadah’, untuk berpikir dan belajar menyelesaikan masalah. Semakin banyak masalah yang muncul, semakin ‘bahagia’ dia, karena masalah adalah ‘pintu masuk’ untuk belajar dan berpikir, kemudian diniatkan untuk beribadah kepada-Nya
Ketiga, keberanian, bentuk dari tawakal guru karena kekuatan dan ilmunya dalam menghadapi permasalahan pembelajaran. Dipastikan, tidak ada pembelajaran yang luput dari problem. Dengan istqomah, guru mampu menegakkan kebenaran tanpa ada rasa takut, guru mampu mencari solusi dari permasalahan tersebut.
Solusi yang ditawarkan ‘win-win solution’, tidak ada pihak yang dirugikan oleh solusi tersebut. Semua pihak antusias untuk menjalan solusi yang ditawarkan guru. Oleh karena itu, guru meyakini bahwa keberanian melalui tawakal tidak akan pernah terwujud kecuali diiringi dengan kekuatan hati dan pikiran dan keyakinan terhadap wujud pertolongan Allah.
Keempat, penyucian diri, ketika hati dan jiwa ‘sepakat’ untuk melakukan yang terbaik untuk siswa dengan menjalan semua aturan yang sudah ditetapkan, maka langkah yang diambil dalam penyucian jiwa ini selalu muraqabah (merasa selalu diawasi oleh Allah SWT.), bukan merasa diawasi dan dicatat oleh perangkat teknologi (baca- aplikasi presensi online)
Kemudian, memperhatikannya dengan kritis dan penuh perhitungan ketika melaksanakan pembelajaran, semua langkah yang dikerja terukur dan bisa dipertanggungjawabkan karena seandainya jiwa dibiarkan ‘kosong’, maka guru akan melaksanakan tugas ‘seenaknya’, datang ke kelas, ‘ceramah sebentar, memberi tugas dan selesai. Kewajiban sudah terpenuhi dan langsung ‘mengisi laporan kinerja’.
Jadi, guru yang berjiwa istiqamah akan senantiasa berbuat kebajikan, nasihat-menasihati dan tidak mudah berputus asa serta sabar dalam melaksanakan pembelajaran dan berusaha mengarahkan hati untuk berjuang melawan tuntunan nafsu dan sifat malas yang merupakan ‘penyakit paling mematikan’ dalam proses pembelajaran. Semoga!
*) Penulis adalah Pendidik di Madrasah
Discussion about this post