Untuk motor metode pembakaran 2 langkah (2 tak), asap yang cukup tebal ialah hal wajar . Namun tidak demikian dengan motor 4 langkah (4 tak) ataupun motor skutik.
Apabila sampai knalpot motor Anda ngebul, maka mampu dipastikan terdapat urusan yang terjadi di dalam bagian mesin.
Hal ini pastinya mesti secepatnya ditemukan penyebabnya dan tidak bisa Anda diamkan begitu saja. Karena bila tidak, mampu dipastikan kerusakan pada motor tersebut akan bertambah parah dan akan memerlukan ongkos perbaikan yang tidak sedikit.
Berikut penyebab knalpot motor berasap ngebul:
Ring piston aus
Penyebab knalpot motor berasap yang pertama yakni ring piston dalam mesin motor sudah aus. Ring piston di dalam mesin inilah yang menangkal oli mesin pindah ke ruang bakar.
Ring piston berfungsi untuk menutup dua bab mesin, yakni bagian atas silinder selaku ruang bakar, dengan bagian bawah yang berupa bak mesin.
Ring piston yang sudah aus akan menciptakan oli merembes ke ruang bakar. Oli mesin ini nantinya akan ikut terbakar pada ketika motor dihidupkan.
Jika hal ini dibiarkan begitu saja, oli mesin akan cepat habis, mesin terasa bernafsu, dan juga kehilangan tenaga. Makara, sebaiknya secepatnya ganti ring piston yang gres untuk mengatasinya kalau tidak ingin kerusakannya bertambah.
Ruang pembakaran memiliki masalah
Motor mampu berjalan karena proses pembakaran yang terjadi dalam mesin kendaraan. Seiring berjalannya waktu, keadaan ruang pembakaran akan menjadi lapuk dan berkerak dan lama-lama akan ikut terbakar, sehingga mengeluarkan asap.
Penumpukan kerak disebabkan kurangnya perawatan dan tidak sempurna dalam memilih materi bakar untuk kendaraan. Bahan bakar yang tidak sempurna membuat proses pembakaran tidak sempurna, sisa-sisa pembakaran ini yang nantinya membentuk kerak pada mesin kendaraan.
Seal katup bocor
Kemungkinan lain yang menyebabkan knalpot motor ngebul yaitu kebocoran pada seal katup. Seal katup berfungsi selaku jalur keluar-masuk udara ke ruang pembakaran.
Apabila motor sudah digunakan dalam waktu usang, tak menutup kemungkinan unsur ini mengeras dan kurang rapat. Akibatnya, seal katup mengalami kebocoran, sehingga oli gampang masuk ke ruang mesin.
Jika duduk perkara terdapat pada kebocoran seal katup, Anda mampu ke bengkel untuk menggantinya dengan yang baru.
Kondisi oli mesin encer
Oli pada mesin kendaraan memegang peranan penting pada sebuah mesin kendaraan. Jenis oli pada tiap kendaraan niscaya berbeda dan telah diubahsuaikan dengan kebutuhan, tergolong juga dengan kekentalannya.
Apabila oli motor terlalu encer, maka oli tersebut lebih mudah masuk ke mesin dan ikut terbakar pada saat terjadi proses pembakaran. Selain kesalahan dalam memilih oli, terlalu lama melakukan penggantian oli juga akan menciptakan oli encer dan kotor.
Silinder atau liner mesin aus
Penyebab terakhir dari knalpot motor berasap adalah karena silinder atau liner pada mesin motor telah aus. Kerusakan silinder ini biasanya diakibatkan karena piston yang sudah aus dan juga karena kala pakai dari motor yang sudah lama.
Kondisi silinder atau liner mesin yang aus membuat oli bisa mengalir ke ruang bakar. Jika oli bercampur ke ruang bakar kesudahannya telah mampu ditebak, akan ada asap yang keluar dari knalpot motor. Silinder yang sudah aus mampu diatasi dengan cara melakukan bore up.
Itulah penyebab knalpot motor berasap yang mampu terjadi pada motor kesayangan Anda.