DAERAH
Telkom Pastikan Pemudik Natal dan Tahun Baru Lancar Berkirim Kabar
DETAIL.ID, Jakarta – Salah satu badan usaha milik negara (BUMN) skala raksasa milik Indonesia, Telkom Group, memastikan para pemudik Natal 25 Desember 2024 dan libur tahun baru 1 Januari 2024 akan lancar dan tidak mengalami gangguan digital saat berkirim kabar ke sanak keluarga mereka.
Staf Khusus bidang Strategi Komunikasi dan Hubungan Publik Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, seperti diterima media pada Selasa, 17 Desember 2024, mengatakan hal itu kepada para wartawan saat konferensi pers, Senin, 16 Desember 2024.
Kegiatan tersebut dilakukan di Telkom Group Integrated Operation Center (TIOC) dalam rangka untuk mengetahui kesiapan Telkom Group dalam rangka Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Konferensi pers tersebut turut dihadiri oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Network and IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Utama Telkomsel Nugroho, dan Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna.

Kata Arya Sinulingga, Telkom Group memastikan kesiapan infrastruktur digital berjalan dengan prima di seluruh wilayah Indonesia selama momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
“Guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat pada periode ini, Telkom Group melakukan berbagai langkah strategis, mulai dari optimalisasi infrastruktur dan layanan, penyiapan sumber daya, antisipasi lonjakan trafik, hingga berbagi kebahagiaan melalui inisiatif kegiatan sosial,” ujar Arya Sinulingga.
“Pada momen Natal dan Tahun Baru ini, masyarakat harus merasakan kenyamanan di segala aspek. Hari ini, dari klaster telekomunikasi di BUMN, kami memastikan bahwa Telkom dan Telkomsel siap mendukung penuh kelancaran komunikasi selama periode ini. Kami berharap seluruh layanan komunikasi dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya lebih lanjut.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa Natal dan Tahun Baru menjadi momen yang istimewa bagi masyarakat Indonesia.
Untuk itu pihaknya akan terus berupaya dalam memastikan infrastruktur digital Telkom Group berjalan dengan optimal, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat pada periode ini.
“Kenyamanan pelanggan menjadi fokus utama bagi kami. Telkom Group senantiasa berfokus pada peningkatan pengalaman terbaik bagi pelanggan pada periode Natal dan Tahun Baru 2024-2025 dengan melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang andal,” katanya.
Telkom Group, kata dia, telah menyiapkan infrastruktur yang beroperasi secara redundant baik dari 14 infrastruktur kabel laut maupun dengan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado.
Tidak hanya itu, ia bilang Telkom Group juga meningkatkan kapasitas menjadi sebesar 56,7 Tbps atau naik 40 persen secara tahunan atau year on year (YoY).
Sementara itu Direktur Utama Telkomsel Nugroho menambahkan, Telkomsel selalu berkomitmen dalam memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan setia agar tetap terhubung dan menikmati Natal dan Tahun Baru dengan penuh kemudahan, kenyamanan, dan kebahagiaan.
Ia bilang, melalui penyediaan konektivitas, layanan, dan solusi yang inovatif dan unggul, Telkomsel hadir bersiaga menyambungkan semangat di setiap langkah dan momen penting bagi masyarakat Indonesia.
“Caranya adalah dengan melakukan upaya yang optimal demi kelancaran seluruh layanan komunikasi terutama internet dalam menemani aktivitas digital pelanggan,” ujar Nugroho.
Direktur Network and IT Solution Telkom Herlan Wijanarko membeberkan, untuk semakin memperkuat komitmennya, Telkom Group telah mempersiapkan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 409 POI atau point of interest atau titik keramaian.
POI ini, kata dia, mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU.
Lalu, sambung Herlan Wijanarko,, di kawasan perumahan, serta fasilitas rumah ibadah, dengan penguatan lebih dari 269 ribu BTS Telkomsel, termasuk 1.400 BTS 5G.
Herlan Wijanarko bilang, demi memastikan keandalan seluruh infrastruktur dan layanan, Telkom Group melakukan monitoring secara berkala melalui 57 Posko Natal dan Tahun Baru.
Hal ini meliputi posko nasional, regional, witel, divisi fungsi, hingga anak perusahaan dengan personel yang bertugas 24/7 sejak 20 Desember 2024 sampai dengan 2 Januari 2025.
Semuanya, kata dia, dilakukan dengan dukungan perangkat dan aplikasi untuk memonitor layanan, serta mekanisme laporan rutin ke posko nasional.
Kembali ke Ririek Adriansyah, disebutkan bahwa di momen akhir tahun, Telkom Group senantiasa memberikan yang terbaik kepada pelanggan dengan menghadirkan beragam penawaran menarik.
“Baik bagi pelanggan retail atau business to consumer, maupun segmen korporasi atau business to business, seperti promo akhir tahun, harga spesial untuk pasang baru dan upgrade layanan, promo cashback, dan berbagai penawaran lainnya,” ucapnya.
Menurutnya, pengalaman digital pelanggan juga Telkom Group prioritaskan dengan hadirnya aplikasi-aplikasi yang dapat mendukung berbagai kebutuhan seperti Antares Eazy, Bigbox, Cazbox, Games, Langit Musik, Netmonk, NSP, OCA, PaDi UMKM, UPoint, Pijar, dan Uzone.
Telkom Group, kata dia, juga turut menyebarkan kebahagiaan di momen ini melalui berbagai inisiatif kegiatan sosial yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat.
Di antaranya, bebernya, pemberian santunan kepada anak yatim piatu, bantuan renovasi tempat ibadah sebagai wujud perhatian terhadap fasilitas keagamaan.
“Serta pelaksanaan bakti sosial Natal untuk mempererat semangat berbagi dan kebersamaan,” kata ia menambahkan.
Selain itu, Telkom Group juga memberikan bantuan berupa perangkat komputer dan akses internet untuk mendukung inklusi digital, sejalan dengan upaya membangun masyarakat dan pemerataan akses digital di seluruh Indonesia.
“Mewakili keluarga besar TelkomGroup, kami ucapkan Selamat Hari Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Semoga momen penuh kebahagiaan ini membawa kedamaian, kebersamaan, dan harapan baru untuk masa depan yang lebih baik. Telkom Group senantiasa berkomitmen dalam menyediakan infrastruktur dan layanan digital terbaik,” tutur Ririek.
Reporter: Heno
DAERAH
Beredar di Akun Sosmed, Bilqis Bersama Anak Lainnya yang Diduga korban Penculikan Anak
DETAIL.ID, Merangin – Beredar foto Bilqis, korban penculikan dan satu orang anak lainnya tengah duduk berdua di satu lokasi yang diduga di Sudung, milik Suku Anak Dalam Jambi.
Dari akun medsos milik Ree bon, menampilkan wajah dua anak yang berbeda dengan wajah anak dari Suku Anak Dalam Jambi. Bilqis dan satu anak lainnya terlihat lebih berwajah bersih, tengah membelakangi tenda warna biru, dengan mengunakan bando warna pink.
Bukan itu saja, selain menampilkan foto dua anak yang diiringi caption, “Bilqis bersama dengan keluarga kita di Jambi yang viral, banyak kenangan biarpun hanya beberapa hari singgah dengan sanak saudara kita”.
Cuitan tersebut kemudian beredar, dan juga satu foto Bilqis tengah bersama dengan seorang pria dewasa yang di duga warga Suku Anak Dalam Jambi. Kondisi ini membuat publik yakin bahwa bukan satu anak saja hasil dari para pelaku menculik korban kemudian di jual ke Suku Anak Dalam Jambi.

“Saya yakin kawan Bilqis yang menggunakan bando pink juga korban penculikan, sebab terlihat wajahnya sangat bersih jika dibanding dengan satu anak di belakang mereka,” ucap Agus, warga Pasar Bawah Bangko pada Senin, 10 November 2025.
Hal senada juga disampaikan Atik, Warga Pamenang Selatan usai melihat sosmed yang menampilkan wajah Bilqis, meyakini bahwa mereka bisa saja korban penculikan yang sudah dijual.
“Bisa saja mereka korban yang sudah dijual kepada Suku Anak Dalam. Semoga saja polisi bisa segera mengungkap habis sindikat penculikan anak dan menemukan para korban penculikan agar bisa berkumpul kembali bersama keluarganya,” ujar Atik.
Terpisah, Kapolres Merangin AKBP, Kiki Firmansyah melalui Kasubsi Penmas Polres Merangin, Aiptu Rully saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap akun yang mengcaption wajah Bilqis.
“Kita akan cek dulu kebenaran akun tersebut,” ujar Rully singkat.
Reporter: Daryanto
DAERAH
Menguak Rahasia Sukses: Dinas Pendidikan Kedah Malaysia Tinjau Pengelolaan Pesantren Legendaris Kauman Padang Panjang
DETAIL.ID, Padang Panjang – Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang kembali mengukuhkan posisinya sebagai rujukan pendidikan Islam terkemuka di Asia Tenggara. Kali ini, Pesantren yang sarat sejarah tersebut menerima Kunjungan Kerja Resmi dari Dinas Pendidikan Baling, Kedah, Malaysia pada Kamis, 6 Oktober 2025 dalam rangka meninjau secara langsung pengelolaan pesantren di Indonesia.
Rombongan tamu istimewa dari Kedah, yang diketuai oleh Hj. Abu Bakar Bin Man, yang juga menjabat Pegawai Pendidikan Daerah Baling, disambut dengan nuansa budaya dan semangat persyarikatan yang kental.
Kedatangan rombongan disambut meriah dengan alunan musik tradisional khas Minangkabau, Tambua, yang membangkitkan suasana. Kehangatan penyambutan semakin terasa dengan peragaan olahraga bela diri kebanggaan Muhammadiyah, Tapak Suci, yang diperagakan secara apik oleh para santri. Para tamu tampak terpukau dengan keterampilan dan kedisiplinan santri Kauman.
Mudir Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Dr. Derliana, MA. beserta jajaran pimpinan menyambut hangat rombongan. Selepas penampilan Tapak Suci yang memukau, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama, mengabadikan momen kebersamaan lintas negara.
Setelah sesi penyambutan, rombongan diajak berkeliling lingkungan Pesantren. Mereka meninjau berbagai fasilitas yang tersedia serta melihat secara langsung bagaimana proses pembelajaran dan kegiatan sehari-hari di Pesantren Kauman.
“Kami tidak menyangka bisa berkunjung dan berinteraksi langsung dengan sekolah yang sarat akan sejarah ini,” ujar Hj. Abu Bakar Bin Man dengan antusias, mengungkapkan kekaguman rombongan atas kesempatan yang didapat.
Tak hanya melihat fasilitas akademik, rombongan juga diajak mengunjungi ruangan Bimbingan Konseling (BK) untuk mengamati bagaimana proses penanganan dan pembinaan karakter santri dilakukan di Kauman.
Acara formal kemudian dilanjutkan di ruangan Majelis Guru Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Dalam sesi ini, Dr. Derliana, MA., memaparkan secara komprehensif sejarah dan transformasi yang telah dialami oleh Pesantren Kauman Muhammadiyah dari masa ke masa, termasuk peran pentingnya dalam pergerakan dan pendidikan di Indonesia.
Beliau juga memaparkan perkembangan signifikan pesantren dalam beberapa tahun terakhir, sebuah capaian yang dinilai telah meningkatkan mutu dan kepercayaan publik. Seluruh hadirin, termasuk tamu dari Kedah, tampak takjub dengan paparan yang disampaikan oleh Mudir Pesantren Kauman tersebut.
Dr. Derliana juga turut menyampaikan bahwa, popularitas Pesantren Kauman di tingkat internasional sangat tinggi, terlihat dari fakta bahwa Pesantren Kauman setidaknya mendapat 2 hingga 3 kali kunjungan setiap bulannya dari berbagai institusi pendidikan yang ada di negara Malaysia.
Sementara itu, Ketua Rombongan, Hj. Abu Bakar Bin Man, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan hangat dan ilmu yang didapat selama berada di Pesantren Kauman.
“Kami berharap ilmu yang didapat di Pesantren Kauman ini menjadi pengalaman berharga bagi seluruh rombongan dan dapat kami aplikasikan di Kedah nanti untuk memajukan pendidikan,” tutur Hj. Abu Bakar Bin Man.
Sesi formal ditutup dengan penyerahan cenderamata sebagai simbol persahabatan dan kolaborasi. Acara dilanjutkan dengan kunjungan rombongan ke Unit Ekonomi Kreatif Pesantren Kauman, yang merupakan penunjang utama bagi kemandirian finansial dan pengembangan entrepreneurship santri di Pesantren Kauman. Kunjungan ini menunjukkan komitmen Kauman tidak hanya pada aspek akademik dan keagamaan, tetapi juga pada kemandirian ekonomi.
Reporter: Diona
DAERAH
Lapas Kelas III Suliki Gelar Panen Raya Sayuran Dukung Ketahanan Pangan Nasional
DETAIL.ID, Suliki – Lapas Kelas III Suliki menggelar kegiatan Panen Raya Sayuran di lahan SAE Brandgang pada Rabu, 5 November 2024 sebagai bentuk nyata dukungan terhadap program ketahanan pangan nasional. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari pelaksanaan 13 Program Akselerasi yang dicanangkan oleh Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas serta kemandirian warga binaan melalui kegiatan pertanian.
Panen raya tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas III Suliki, Farid Wajdi yang turut didampingi oleh jajaran pejabat struktural, pegawai, serta warga binaan. Kehadiran seluruh elemen dalam kegiatan ini menunjukkan sinergi dan semangat gotong royong dalam membangun program pembinaan berbasis kerja produktif. Selain itu, kegiatan ini menjadi momentum penting dalam memperkuat nilai-nilai rehabilitasi sosial di lingkungan pemasyarakatan.
Beragam jenis sayuran berhasil dipanen dalam kegiatan tersebut, antara lain terung, bayam, kangkung, dan pakcoy. Hasil panen ini tidak hanya menjadi bukti keberhasilan program pembinaan, tetapi juga berpotensi untuk mendukung kebutuhan pangan lokal serta memberikan keterampilan bertani kepada warga binaan sebagai bekal pasca pemasyarakatan.
Kepala Lapas Kelas III Suliki, Farid Wajdi dalam kesempatan panen ini menyampaikan, “Panen raya ini merupakan bukti nyata bahwa warga binaan mampu berkontribusi positif melalui kegiatan produktif seperti pertanian. Kami berharap kegiatan ini tidak hanya mendukung ketahanan pangan nasional dan program akselerasi menimipas, tetapi juga menjadi sarana pembinaan yang membekali mereka dengan keterampilan hidup. Dengan semangat kebersamaan, kami akan terus mendorong program-program yang memberdayakan warga binaan secara berkelanjutan.”
Dengan adanya kegiatan seperti ini, Lapas Kelas III Suliki menunjukkan komitmennya dalam menciptakan lingkungan pemasyarakatan yang produktif dan berdaya guna. Panen raya ini diharapkan menjadi inspirasi bagi lembaga pemasyarakatan lainnya untuk terus berinovasi dalam mendukung program nasional dan meningkatkan kualitas pembinaan terhadap warga binaan.
Reporter: Diona

