SVP Head of Corporate Communications of IOH, Steve Saerang menyampaikan layanan eSIM sudah tersedia di beberapa gerai di DKI Jakarta. Namun sayang, layanan ini belum tersedia secara nasional.
“IOH sudah menawarkan produk eSIM (SIM Digital) yang simpel, transparan, dan tanpa cemas, di beberapa gerai di Jakarta,” kata Steve lewat keteranganya, Kamis, 22 Desember 2022.
Lebih lanjut dia menjelaskan pelanggan dapat melakukan aktivasi nomor baru dan penggantian kartu fisik nomor lama baik prabayar maupun pascabayar di Gerai KPPTI, Pondok Indah, Roxy, Kota Kasablanka, Mangga Dua, dan Mall Ambassador.
“Produk eSIM tersebut secepatnya tersedia secara nasional dan akan kami informasikan dalam waktu bersahabat,” tuturnya.
IOH menjadi operator seluler kedua yang menunjukkan layanan eSIM di Indonesia. Sebelumnya pada Juli 2019 SmartFren telah merilis terlebih dahulu layanan eSIM bagi pengguna di dalam negeri.
Teknologi eSIM menjadi terobosan baru dalam dunia telekomunikasi selular. Layanan itu memperlihatkan tingkat fleksibilitas gres bagi pelanggan dan operator.
Dengan perangkat berkemampuan eSIM, pelanggan bisa menikmati konektivitas lebih bebas tanpa harus membeli kartu SIM secara terpisah.
Sederet ponsel kontemporer juga telah dilengkapi dengan fitur eSIM, di antaranya iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13 dan iPhone 14.
Sedangkan di Samsung yang sudah dilengkapi eSIM di antaranya Galaxy S20 dan S20+, Galaxy Z Fold 3, Galaxy Flip, Galaxy S21 Ultra, Galaxy S22 Ultra.
Sebelumnya, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha menyampaikan pihaknya tak ingin meluncurkan eSIM cuma sekadar selaku kemasan penjualan.
“Kami tidak inginmeluncurkannya cuma sebagai marketing campaign. Di segi pengguna, saat mereka siap, kami juga siap,” kata Vikram dikala dijumpai di Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/12/2019).